Peneplain dapat ditemukan di daerah?

Peneplain dapat ditemukan di daerah?

Jawaban :

Daerah yang ditemukan adanya monadnok yaitu di Canisteo River Valley dari Pinnacle State Park, New York dan Pulau Bangka Belitung, Indonesia.

Penjelasan :

Bumi yang dihuni oleh makhluk hidup memiliki bentuk yang beragam. Bentuk permukaan bumi secara garis besar terdiri atas lautan dan daratan. Bentuk permukaan bumi di lautan adalah dangkalan, lereng, palung laut, lubuk laut, gunung laut, punggung laut, dan ambang laut.

Sementara bentuk permukaan bumi di daratan adalah sebagai berikut.
1. Gunung, yaitu permukaan bumi yang menjulang ke atas dan berbentuk seperti kerucut atau kubah berdiri sendiri dengan ketinggian minimum 600 meter di atas permukaan laut.
2. Pegunungan, yaitu gugusan gunung dengan ketinggian yang beragam dan terbentuk akibat gaya endogen pada lempengan bumi.
3. Bukit, yaitu jenis pegunungan yang tingginya antara 200-300 meter.
4. Lembah, yaitu cekungan luas permukaan bumi yang dikelilingi oleh bukit dan pegunungan. Lembah ini berupa daratan yang panjang dan dialiri oleh sungai.
5. Ngarai (canyon), yaitu lembah yang dalam dan sempit dengan lereng yang curam.
6. Peneplain, yaitu bentukan hasil akhir tenaga eksogen terhadap daratan rendah yang permukaannya miring atau menurun dengan sangat landai ke arah laut akibat pengikisan dan sisa-sisa erosi (monadnok) berbentuk batuan yang menonjol. Contoh peneplain adalah Canisteo River Valley dari Pinnacle State Park, New York dan Pulau Bangka Belitung, Indonesia.
7. Dataran rendah, yaitu daratan yang memiliki ketinggian kurang dari 200 meter di atas permukaan laut dan tidak memiliki banyak perbedaan ketinggian antara tempat yang satu dengan yang lainnya.
8. Pantai, yaitu wilayah perbatasan antara daratan dan perairan laut.

Dari penjelasan tersebut maka peneplain dapat ditemukan di daerah yang ditemukan adanya monadnok yaitu di Canisteo River Valley dari Pinnacle State Park, New York dan Pulau Bangka Belitung, Indonesia.

Tinggalkan komentar