Cara Memperbaiki TV Layar Gelap Ada Suaranya

Cara Memperbaiki TV Layar Gelap Ada Suaranya – Keadaan tv layar gelap tapi masih ada suara, gejala ini dimiliki oleh tv yang tidak memiliki sistem proteksi pada tegangan tinggi. Jika tv masih menyala tidak protek, itu bararti ada kerusakan sepele.

TV tidak ada gambar tapi ada Suaranya yang dialami oleh tv CRT merek POLYTRON, LG, Samsung, PANASONIC dan tv china. Namun yang sering terjadi pada tv china dengan chasis mesin wcom yang meneggunakan IC tunggal. Itu karena tv china tidak memilki sistem proteksi ketika ada kerusakan. Jadi meskipun RV tidak ada gambarnya tetap saja tv masih bisa menyala dan mengeluarkan suara normal.

Berbeda dengan tv SHARP yang menggunakan sistem proteksi di bagian tegangan tinggi. Jadi ketika heater tidak bekerja dengan baik maka tv akan menprotek.

Cara Memperbaiki TV Layar Gelap Ada Suaranya

Cara ini merupakan cara umum dari berbagai merek tv seperti Samsung, akari, polytron, LG, sharp, dan merek cina karena cara kerja mereka tidak jauh berbeda

Mungkin akan ada beberapa perbedaan pada gejalanya misal pada tv sharp yang memiliki sistem protek pada saat ada tegangan di area CRT, misalnya heater tegangannya drop tv akan mengalami gejala protek. oleh sebab itu untuk menemui kerusakan pada tv sharp ini hanya di sebabakan oleh tabung yang rusak atau soket korosi.

Filamen tabung

Pertama pastikan ketika tv menyala lihatlah bagian leher tabung CRT, pada bagian belakang apakah ada cahaya atau tidak. Biasanya layar akan gelap jika heater tidak menyala.

Normalnya ketika tv dinyalakan akan ada cahaya pada leher tabung seperti bohlam.

Jika tidak ada atau filament tidak menyala yang perlu diperiksa pada bagian penyuplay filament yang biasanya disuplay oleh flyback.

Tegangan penyuplay filamen menggunakan ac meter, karena filamen menggunakan tegangan ac dari flyback. Tegangan normalnya disekitar 3v-5.

Tegangan ABL 

Kedua jika filamen dalam keadaan menyala kemungkinan masalah ada pada komponen lain.

Cek tegangan ABL, dan cari kaki ABL pada kaki flyback.

ABL ini berhubungan dengan IC croma.

Karena fungsi ABL sebagai pengaturan kecerahan kontras menggunakan program tv.

Pastikan resistor pembatas pada ABL tidak gosong atau molor dari nilai asli.

B+115V Drop

Ketiga, penyebab layar gelap disebabkan oleh pasokan b+115 drop.Hal ini disebabkan oleh elco b+ kering membuat tegangan yang disuplay ke flyback kurang setabil. Jika ini terjadi akan mengakibatkan drop juga pada output flyback. Terutama pada filamen suplayer.

Tegangan video 180v

Tegangan video 180v juga menjadi sumber kerusakan tv tidak ada gambar ada suaranya. Tegangan 180v ini memiliki fungsi sebagai suplay penguat video RGB.

Jika terjadi drop maka tv akan menjadi gelap atau warna kurang tajam. Agar mudah menemukan tegangan carilah elko berukuran 10uf 250v pada sekitaran flyback atau kadang terletak pada PCB yang menempel pada soket CRT.

Soket CRT

Kerusakan tv layar gelap juga terkadang disebabkan pada bagian yang sepele misalnya soket CRT yang mengalami korosi atau berjamur. Sehingga tegangan filamen yang kecil terhambat oleh korosi.

Selain membuat tv tidak ada gambarnya soket crt juga bisa mengakibatkan gambar tv tidak fokus atau buram.

Apakah flyback juga penyebab kerusakan?

Bisa saja terjadi jika ada gejala misalnya saat pengukuran terjadi tegangan dari output flyback tidak seperti seharusnya.

Misalnya tegangan heater tidak keluar tapi tegangan lainya normal. Juga misalnya tegangan video tidak keluar padahal lain normal, ini juga menanda ada kerusakan pada flyback.

Kerusakan vertikal dan horizontal

Sebagian keruskana pada tv yang tidak ada gambarnya tapi suara normal juga bisa di sebabkan karena ada kerusakan pada vertikal dan horizontal yang tidak disadari.

Ciri cirinya adalah ketika tv dinyalakan heater akan menyala dan tegangan yang berhubungan dengan CRT semuanya normal.

Ini biasa terjadi pada tv china, karena tv cina tidak memiliki sistem protek pada area vertikal, sehingga ketika tv bisa start, tv tidak menampilkan raster.

Yang sering terjadi dan tidak kita sadari adalah ketika tv bisa start namun layar masih gelap, ini ternyata ketika setelah screen pada flyback dinaikkan ada satu garis horizontal (Graris datar) pada layar. kerusakan semacam ini memang membingungkan jika tidak teliti. Tapi ini terjadi jika flyback masih bekerja.

Akhir Kata

Demikian informasi yang kami sampaikan tentang Cara Memperbaiki TV Layar Gelap Ada Suaranya, jika informasi kami bermanfaat silahkan share keteman teman atau keluarga dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Tinggalkan komentar