Bagaimana kondisi suku aborigin sekarang ini dengan adanya kemajuan di beberapa negara di benua Australia.

Bagaimana kondisi suku aborigin sekarang ini dengan adanya kemajuan di beberapa negara di benua Australia.

Jawaban :

Kondisi suku aborigin pada saat ini semakin tersisih di Benua Australia, namun juga ada beberapa penduduk suku asli tersebut yang berkembang mengikuti kemajuan zaman.

Penjelasan :

Suku Aborigin dan masyarakat di kepulauan Selat Torres merupakan penduduk asli di benua Australia. Suku Aborigin sudah tinggal di benua Australia sekitar 50.000 tahun. Sebanyak 250 bahasa dan 600 dialek berbeda dipakai suku Aborigin yang tersebar di seluruh benua Australia. Terdapat dua kelompok, yaitu suku Aborigin yang mendiami Australia, setelah Inggris menjajah pulau tersebut pada tahun 1788. Kemudian kelompok kedua adalah penduduk di kepulauan Selat Torres. Penduduk ini juga tinggal Queensland, negara bagian Australia dan Papua Nugini. Pada saat ini suku Aborigin dan penduduk asli Selat Torres mengalami stagnasi. Bahkan semakin buruk sejak tahun2014 lalu. Hal ini terlihat dari semakin tingginya kesulitan hidup dan meningkatnya kekerasan di lingkungannya sendiri. Walaupun kehidupan suku Aborigin menurun, namun tetap ada peningkatan. Berdasarkan data Komsisi Produktivitas Australia, tedapatnya sekitar 11% dari orang dewasa Aborigin bekerja dan mendapatkan pendapatan tetap dibandingkan pada tahun 2014-2015. Kemudian, angka kematian bayi sudah mulai menurun.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa kondisi suku aborigin pada saat ini semakin tersisih di Benua Australia, namun juga ada beberapa penduduk suku asli tersebut yang berkembang mengikuti kemajuan zaman.

Tinggalkan komentar