Cara Memperbaiki Receiver Parabola Tidak Ada Signal

Cara Memperbaiki Receiver Parabola Tidak Ada Signal – Memperbaiki receiver yang tidak dapat memangkap signal terbilang sangat mudah bila kita tahu penyebab kerusakanya. Sebab itu sebelum memastikan bahwa receiver itu rusak tidak dapat mengkap signal ketahui dulu, receiver atau parabola dengan mencoba mengganti dengan receiver yang lain. Bila setelah diganti dengan receiver yang lain dan hasilnya normal, itu dipastikan receiver memang rusak bukan parabolanya.

Cara Memperbaiki Receiver Tidak Ada Signal

Penanganan Receiver Parabola Tidak Ada Signal

Pertama coba otak atik programnya dengan menyetel ke standar pabrik. Setelah distel ke standar pabrik coba scan ulang. Bila di scan terdapat channel yang yang tertangkap berarti permasalahan slesai. Cara ini berlaku bagi receiver yang masih terdapat kualitas signalnya. Tapi kadang juga berlaku di receiver yang kualitas dan intensitasnya 0 %.

Bila cara diatas tidak berhasil maka lanjut ke mesinya coba ukur tegangan output yang menuju LNB 13 atau 18 V. Bila tidak ada masalah yang terjadi pada tegangan penyuplay LNB, tapi bila ada kisaran di 13 sampai 17 volt itu dipastikan normal.

Berarti lanjut ke komponen lainnya yakni IC receiver. Coba panaskan IC yang terletak pada bagian dekat konektor output LNB dan componen pendukungnya memakai solder uap atau solder konvensional. Hal ini saya pernah coba dan ternyata berhasil.

Tapi tidak semua, kadang IC pemproses signal dari LNB ini sudah mati karena mengalami short yang disebabkan karena ada kebocoran arus penyuplay LNB ke IC pemproses signal ini melalui capasitor input atau kotoran debu. Bila solder ulang tidak berhasil, maka receiver perlu di ganti dengan yang baru, karena IC tersebut tidak ada di pasaran atau mengambil dari receiver lainya.

Memperbaiki receiver parabola yang tidak ada signal sebenarnya bisa dilakukan asalkan komponen yang rusak ada pengantinya.

Kata Penutup

Demikian informasi yang solderpanas bagikan tentang Cara Memperbaiki Receiver Parabola Tidak Ada Signal. Bila informasi yang solderpanas bagikan bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Tinggalkan komentar