Pokok informasi dalam paragraf tersebut adalah

Mencapai Tujuan yang Sama

Pagi itu Bu Sisca, guru wali kelas V menanyakan tugas piket. Bu Sisca mengecek kebenaran para siswa dalam menjalankan tugas piket.

“Anak-anak, siapa yang bertugas menyapu lantai?” tanya Bu Sisca.
“Saya, Bu”, jawab Wina.
“Siapa yang bertugas membuang sampah?”
“Saya, Bu,” jawab Seno.
“Mengapa sampahnya tidak dibuang?”
“Tadi saya datang terlambat, Bu.”
“Baiklah. Besok kalau salah satu teman kalian ada yang tidak masuk atau datang terlambat, harus ada yang menggantikan. Jadi, piket tetap berlangsung dan kelas ini tetap bersih,” kata Bu Sisca.

Anak-anak kelas V setuju dengan anjuran Bu Sisca. Mereka akan menjalankan peraturan tersebut agar kelas tetap bersih.

Sumber: M. Purwati, Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh, Klaten, Cempaka Putih, 2007 3.

Pokok informasi dalam paragraf tersebut adalah …

Jawaban :

Pokok informasi dalam paragraf di atas adalah “Kesepakatan siswa menjalankan tugas piket dan bertanggung jawab menggantikan apabila ada yang tidak masuk atau datang terlambat untuk mencapai tujuan agar kelas tetap bersih.”

Penjelasan :

Informasi adalah penerangan, pemberitahuan, kabar atau berita tentang sesuatu, serta keseluruhan makna yang menunjang amanat yang terlihat dalam bagian-bagian amanat.

Langkah-langkah mememukan informasi penting, yaitu:
1. Membaca teks secara saksama.
2. Mengidentifikasi pokok isi dalam teks.
3. Mencatat pokok-pokok isi dalam teks.

Berdasarkan penjelasan tersebut, pokok informasi dalam paragraf di atas adalah “Kesepakatan siswa menjalankan tugas piket dan bertanggung jawab menggantikan apabila ada yang tidak masuk atau datang terlambat untuk mencapai tujuan agar kelas tetap bersih.” Hal tersebut terdapat dalam kalimat “Baiklah. Besok kalau salah satu teman kalian ada yang tidak masuk atau datang terlambat, harus ada yang menggantikan. Jadi, piket tetap berlangsung dan kelas ini tetap bersih.”

Dengan demikian, pokok informasi dalam paragraf di atas adalah “Kesepakatan siswa menjalankan tugas piket dan bertanggung jawab menggantikan apabila ada yang tidak masuk atau datang terlambat untuk mencapai tujuan agar kelas tetap bersih.”

Tinggalkan komentar