Jelaskan interaksi yang terjadi antara manusia dan lingkungan alam!

Hubungan Manusia dengan Lingkungan Alam

Semua makhluk hidup melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup dan dengan lingkungannya. Lingkungan alam terdiri atas makhluk hidup dan benda mati. Lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi semua makhluk hidup. Lingkungan alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup.

Makhluk hidup dan benda mati saling memengaruhi. Keduanya saling memengaruhi. Salah satu bentuk hubungan antara makhluk hidup dan benda mati adalah kehidupan tanaman yang dipengaruhi olehjenis tanah, suhu, dan curah hujan. Jika jenis tanah, suhu, dan curah hujan sesuai, tanaman akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Pertumbuhan tanaman yang baik juga memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan.

Makhluk hidup juga memengaruhi benda mati. Contohnya di daerah yang banyak tumbuhannya memiliki udara sejuk. Di daerah itu cenderung memiliki air tanah yang baik dan melimpah. Hal itu terjadi karena tanaman membantu tanah untuk menahan dan menyimpan air di dalam tanah dengan baik.

Bagaimanakah hubungan manusia dengan lingkungan alam? Hubungan manusia dengan lingkungan alam dibedakan menjadi dua, yaitu hubungan manusia yang harus menyesuaikan diri dengan lingkungan alam dan hubungan manusia dalam memanfaatkan lingkungan alam. Contoh cara manusia harus menyesuaikan diri dengan lingkungan alam dengan mempelajari peristiwa alam yang ada di lingkungannya. Para petani harus menyesuaikan waktu tanah dengan musim hujan agar tanamannya dapat tumbuh dengan baik. Para nelayan berlayar pada waktu yang sesuai dengan keadaan cuaca agar terhindar dari bencana dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak.

Manusia harus dapat memanfaatkan alam untuk memenuhi kebuhannya hidupnya. Untuk itu, manusia harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada saat terjadi kemarau panjang, bisa terjadi kekeringan. Untuk mengatasi hal tersebut, manusia bisa mencoba untuk membuat hujan buatan. Pembuatan hujan buatan tentu memerlukan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Jelaskan interaksi yang terjadi antara manusia dan lingkungan alam!

Jawaban :

1) Hubungan manusia yang harus menyesuaikan diri dengan lingkungan alam.
2) Hubungan manusia dengan memanfaatkan lingkungan alam.

Penjelasan :

Teks di atas memiliki lima paragraf. Masing-masing paragraf memiliki kesinambungan topik, yakni hubungan manusia dengan lingkungan alam sesuai dengan judulnya.

Pada soal ditanyakan interaksi antara manusia dan lingkungan alam. Jawaban atas pertanyaan ini dapat ditemukan dengan cara membaca keseluruhan isi topik. Setelah melakukan pembacaan ditemukan jawaban pada paragraf keempat dan paragraf kelima sesuai kutipan berikut.

“Bagaimanakah hubungan manusia dengan lingkungan alam? Hubungan manusia dengan lingkungan alam dibedakan menjadi dua, yaitu hubungan manusia yang harus menyesuaikan diri dengan lingkungan alam dan hubungan manusia dalam memanfaatkan lingkungan alam. Contoh cara manusia harus menyesuaikan diri dengan lingkungan alam dengan mempelajari peristiwa alam yang ada di lingkungannya. Para petani harus menyesuaikan waktu tanah dengan musim hujan agar tanamannya dapat tumbuh dengan baik. Para nelayan berlayar pada waktu yang sesuai dengan keadaan cuaca agar terhindar dari bencana dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak.

Manusia harus dapat memanfaatkan alam untuk memenuhi kebuhannya hidupnya. Untuk itu, manusia harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada saat terjadi kemarau panjang, bisa terjadi kekeringan. Untuk mengatasi hal tersebut, manusia bisa mencoba untuk membuat hujan buatan. Pembuatan hujan buatan tentu memerlukan ilmu pengetahuan dan teknologi.”

Berdasarkan kutipan tersebut, dapat diketahui bahwa interaksi antara manusia dan lingkungan alam sebagai berikut.
Hubungan manusia dengan lingkungan alam dibedakan menjadi dua, yakni:
1) Hubungan manusia yang harus menyesuaikan diri dengan lingkungan alam.
Contoh: Petani menyesuaikan diri ketika menanam padi atau nelayan yang berlayar sesuai musim.
2) Hubungan manusia dengan memanfaatkan lingkungan alam.
Contoh: Manusia membuat hujan buatan untuk mengatasi kemarau panjang agar bisa mencegah terjadinya kekeringan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah
1) Hubungan manusia yang harus menyesuaikan diri dengan lingkungan alam.
2) Hubungan manusia dengan memanfaatkan lingkungan alam.

Tinggalkan komentar