Gagasan pokok pada teks tersebut terdapat dalam kalimat?

BBM merupakan salah satu sumber daya yg tidak dapat diperbaru.BBM suatu saat akan habis jika terus menerus digunakan. Oleh karena itu, kita wajib mengunakannya secara bijak. misalnya, gunakan sepeda atau berjalan kaki saat menuju tempat yg dekat dari rumah. Selain menghemat BBM, bersepeda dan berjalan kaki juga menyehatkan tubuh. Dengan demikian, kita turut berperan serta membantu pemerintah dalam menghimbau setiap warga untuk menggunakan BBM secara bijak.
Gagasan pokok pada teks tersebut terdapat dalam kalimat?

Jawaban dan Penjelasan :

Gagasan pokok adalah gagasan yang disampaikan penulis sebagai pokok pembahasan dan menjadi pengendali sebuah paragraf serta dasar dalam mengembangkan sebuah paragraf. Gagasan pokok berada dalam kalimat utama yang dapat terletak di awal paragraf, akhir paragraf, awal-akhir paragraf, di tengah paragraf, dan menyebar. Informasi gagasan pokok bersifat umum yang dirincikan secara khusus melalui gagasan pendukung.

Berdasarkan penjelasan ini, diketahui bahwa gagasan pokok pada paragraf tersebut berada di awal paragraf, yakni “BBM merupakan salah satu sumber daya yang tidak dapat diperbarui.” Kalimat ini masih bersifat umum yang membutuhkan rincian tentang BBM.

Dengan demikian, gagasan pokok pada teks tersebut terdapat dalam kalimat “BBM merupakan salah satu sumber daya yang tidak dapat diperbarui.”

Tinggalkan komentar