Kalimat utama pada paragraf diatas adalah

Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan beragam jenis hewan dan tumbuhan. Setiap pulau di Indonesia memiliki hewan yang unik dan menjadi ciri khas pulau tersebut. Komodo di kepulauan Nusa Tenggara merupakan salah satu contoh hewan langka yang dilindungi oleh dunia Internasional. Pulau Komodo secara resmi diakui sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia dan menjadi sebuah Taman Nasional yang dikagumi oleh masyarakat dunia.

Kalimat utama pada paragraf diatas adalah ??

Jawaban dan Penjelasan :

Kalimat utama adalah kalimat yang memuat ide pokok dan menjadi pengendali sebuah paragraf serta sebagai dasar dalam mengembangkan sebuah paragraf. Kalimat utama dalam paragraf dapat terletak di awal paragraf, akhir paragraf, awal-akhir paragraf, di tengah paragraf, dan menyebar.

Kalimat utama pada paragraf di atas berada di awal paragraf yang memuat ide pokok berkenaan dengan Indonesia sebagai negara kepulauan yang kaya.

Dengan demikian, kalimat utama pada paragraf di atas adalah “Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan beragam jenis hewan dan tumbuhan.”

Tinggalkan komentar