Cara Servis TV CRT Layar Gelap Tapi Suara Normal

Cara Servis TV CRT Layar Gelap Tapi Suara Normal – Terlihat TV keadaan hidup tapi layar tetap gelap, sebagian orang awam bahwa mengira ini merupakan kerusak pada tabung CRT. Tapi bagi teknisi tidak segampang itu memfonis sebelum memeriksa semua komponen dan tegangan yang berhubungaan dengan layar gelap. Karena itu saya mau sedikit berbagi pengalaman yang mungkin dapat di jadikan refrensi untuk rekan rekan semuanya terutama yang masih pemula.

Cara Servis TV CRT Layar Gelap Tapi Suara Normal

Sebelum melakukan pemeriksaan ke semua komponen lebih baik bersihkan mesin TV dari debu dan kotoran yang menepel pada komponen. Karena debu yang menimbun lama akan berefek pada komponen yang berkarat dan akan menambahkan konduktor dan resistensi. Pada intinya debu dan kotoran sangat berpengaruh pada kerja dari casis TV jika udara sedang lembab. Karena mungkin kerusakan hanya karena debu.

Setelah semuanya di bersihkan sekarang saatnya melangkah ke pemeriksaan komponen dan tegangan.

Berikut ulasanya:

Solderan Retak

Kualitas sebuah mesin TV dapat di lihat dari segi solderannya. Jika solderannya terlihat retak ratak maka dapat di katakan soldirannya berkualitas rendah. Karena itu kadang kerusakan di sebabkan karena solderan yang retak sehingga membuat kaki komponen tidak konek dengan jalur PCB.

B+ Drop

Ketika menemukan kasus layar gelap hal ke 2 yang perlu di lakukan yaitu mengukur tegangan B+115V yang berfungsi untuk pensupply flyback. Pastikan elco pemfilter tegangan B+ keadaannya bagus, meski masih bagus langsung ganti dengan yang baru. Karena kebanyakan CRT gelap karena elco pemfilter B+ mengalami short atau berkurang kapasitasnya.

Periksa dioda penyearah B+, bila elco meledak atau B+ mengalami drop secara drastis.

Tegangan 180V

Setelah di pastikan kerja flyback baik, selanjutnya menuju output flyback di bagian jalur pensupply 180V. Pastikan 180 atau sedikit di toleransi antara 5 hingga 10V. Sama seperti B+ 115 bahwa pemfilter 180V juga tidak lupa dari pemeriksaan pastikan dalam keadaan benar benar baik. Elco yang berukuran kecil tapi berpengaruh besar.

Tegangan Sreen

Periksa tegangan screen pada Grid screen. Bila tidak muncul tegangan periksa capasitor scren, biasanya kalau masalahnya itu layar gelap capasitor ini akan mengalami short dengan groun. Bila layar terlalu blank berarti capasitasnya berkurang.

Filamen pemanas

Sebelum memastikan tegangan lebih baiknya jika periksa filamen CRT. Memakai ohm meter 1× untuk memastikan filemen CRT masih menyambung. Periksa filamen CRT dengan tegangan sekitar 4 hingga 5V AC. Bila tidak muncul telusuri dari out heater flyback. Ukur resistor pembatas dekat dengan output heater bila melar ganti dengan yang sama. Boleh ganti dengan yang tidak sama asalkan ukuranya lebih kecil.

Flyback mati

Setelah semuanya di pastikan normal tapi output flyback tidak kunjung muncul. Dapat di pastikan flyback sudah tidak layak atau lemah gantilah dengan yang baru.

Tabung CRT mati

Tabung CRT mati biasanya di tandai dengan layar gelap dan yang lebih parah lagi CRT filmen putus atau filamen ngupil

Kedua masalah ini terjadi kebanyakan pada TV yang sudah berumur dan faktor kerja yang berlebih.

Dari permasalahan di atas bisa kita simpulkan, pada intinya kerusakan tabung layar gelap tapi suara normal terletak pada flyback dan CRT itu Sendiri.

Sekian informasi Cara Servis TV CRT Layar Gelap Tapi Suara Normal, silahkan bagikan jika bermanfaat dan terimakasih.

Tinggalkan komentar