Contoh tindakan yang tidak memperhatikan harmonisasi dalam keberagaman ekonomi pada masyarakat pedesaan dan perkotaan adalah

Contoh tindakan yang tidak memperhatikan harmonisasi dalam keberagaman ekonomi pada masyarakat pedesaan dan perkotaan adalah….
a. masyarakat kota menjual traktor di pedesaan
b. kesenjangan ekonomi masyarakat desa dan kota
c. masyarakat desa menjual hasil pertanian ke kota
d. masyarakat kota membeli olahan setengah jadi di masyarakat desa

Jawaban :

B. Kesenjangan ekonomi masyarakat desa dan kota

Penjelasan :

Harmonisasi adalah suatu penyelarasan dalam hubungan antarmasyarakat. Harmonisasi terjadi ketika masyarakat menjalankan fungsi dan perannya masing-masing secara seimbang sehingga menciptakan iklim yang harmonis. Dalam bidang ekonomi misalnya masyarakat kota menjual traktor ke pedesaan. Hal ini menunjukkan harmonisasi dalam keberagaman ekonomi, karena masyarakat desa membutuhkan traktor untuk mempercepat produksinya. Begitupun masyarakat desa yang menjual hasil pertanian ke kota karena di kota tidak ada bahan pangan disebabkan tidak ada lahan untuk memproduksinya. Jadi, tercipta hubungan yang selaras dalam kehidupan masyarakat. Maka dari itu, kesenjangan ekonomi masyarakat desa dan kota tidak termasuk ke dalam bentuk harmonisasi dalam keberagaman ekonomi. Justru sebaliknya akan menimbulkan konflik yang didasarkan pada ekonomi.

Tinggalkan komentar