Unsur peta yang dapat menunjukkan atau menentukan isi peta adalah

Unsur peta yang dapat menunjukkan atau menentukan isi peta adalah…

Jawaban :

Unsur-unsur peta terdiri dari :
1. Judul peta. Judul peta memuat informasi sesuai dengan isi informasi peta.
2. Garis tepi (border). Garis tepi adalah garis yang terletak di bagian tepi peta dan ujung-ujung tiap garis bertemu dengan ujung garis yang berdekatan.
3. Orientasi. Orientasi peta atau diagram penunjuk arah menunjukkan posisi dan arah suatu titik maupun wilayah. Orientasi peta biasanya berbentuk tanda panah yang menunjuk ke arah utara.
4. Skala peta. Skala peta adalah perbandingan jarak antara dua titik sembarang atau luas wilayah di peta dan jarak sebenarnya dengan satuan ukur yang sama. Ada tiga bentuk penyajian skala, yaitu sebagai berikut. a. Skala pecahan (numerik) adalah skala yang dinyatakan dalam bentuk angka perbandingan atau pecahan. Misalnya, 1 :250.000. b. Skala garis (gratis) adalah skala yang dinyatakan dalam bentuk sebuah ruas garis bilangan atau batang pengukur. Misalnya, skala 1 :1000.000. c. Skala kalimat (skala verbal) adalah skala yang dinyatakan dalam bentuk kalimat. Contohnya, kita menemukan kalimat “1 inch to 1 mile”.
5. Legenda atau keterangan peta. Legenda peta memuat keterangan semua simbol yang terdapat pada peta agar mudah dipahami.
6. Koordinat (garis bujur dan garis lintang). Garis bujur dan garis lintang biasanya ditunjukkan dengan satuan derajat.
7. Simbol peta. Simbol peta digunakan untuk mewakili benda yang sebenarnya. Agar simbol yang digunakan pada peta dapat memberikan informasi yang tepat, simbol harus sederhana, mudah dimengerti, dan bersifat umum. Berdasarkan bentuknya, ada tujuh kategori simbol peta, yaitu simbol titik, garis, wilayah, aliran, batang, lingkaran, dan bola. Syarat simbol peta yang baik adalah sebagai berikut. a. Sederhana. b. Kecil, agar tidak terlalu memerlukan banyak ruang pada peta. c. Jelas, agar tidak menimbulkan salah tafsir bagi pembaca.
8. Lettering adalah tulisan bermakna yang terdapat pada peta. Bentuk huruf meliputi huruf kapital, huruf kecil, kombinasi huruf kapital-kecil, tegak, dan miring.
9. Warna peta. Warna lazim digunakan untuk menonjolkan perbedaan objek pada peta. Perbedaan objek tersebut digambarkan dengan warna yang berbeda.
1 0. Sumber peta dan tahun pembuatan. Sumber peta menunjukkan sumber data yang digunakan dalam pembuatan peta. Sementara itu, tahun pembuatan dapat membantu pembaca untuk menganalisis berbagai kecenderungan perubahan fenomena dari waktu ke waktu.

Tinggalkan komentar