Faktor apakah yang menyebabkan suatu wilayah padat penduduknya

Faktor apakah yang menyebabkan suatu wilayah padat penduduknya…

Jawaban :

Faktor yang mempengaruhi kepadatan penduduk adalah Faktor kelahiran, faktor ekonomi, faktor iklim, faktor sosial budaya.

Penjelasan :

Faktor yang mempengaruhi kepadatan penduduk adalah sebagai berikut :
1. Faktor kelahiran
Faktor kelahiran adalah faktor utama penyebab peningkatan jumlah penduduk di suatu wilayah. Apabila jumlah kematian lebih rendah daripada jumlah kelahiran maka akan mengakibatkan ketidaksinambungan di suatu daerah. Untuk itu banyak cara yang telah dilakukan pemerintah untuk mengendalikan angka kelilahiran salah satunya adalah program keluarga berencana (KB).
2. Faktor Ekonomi
Contoh faktor ekonomi dapat meningkatkan jumlah penduduk yaitu apabila di Kota A memiliki UMR yang lebih tinggi dari kota B, maka akan banyak pekerja yang akan berpindah perusahaan agar memiliki penghasilan yang lebih besar. Akibat dari perpindahan tersebut akan menghasilkan berkurangnya lapangan kerja di kota tertentu.
3. Faktor Iklim
Iklim di Indonesia berbeda beda, yang mengakibatkan tingkat kesuburan tanah juga berbeda. Tingkat kesuburan tanah inilah yang dapat mengakibatkan pengusaha pertanian dan perikanan akan mencocokan wilayah sesuai dengan keadaan iklim.
4. Faktor Sosial Budaya
Faktor yang dapat mempengaruhi pesatnya tingkat pembangunan properti atau perijinan mendirikan bangunan.

Jadi, dapat disimpulkan faktor yang mempengaruhi kepadatan penduduk adalah Faktor kelahiran, faktor ekonomi, faktor iklim, faktor sosial budaya.

Tinggalkan komentar