Identifikasikanlah kota dan propinsi penghasil tambang logam dan non logam

Identifikasikanlah kota dan propinsi penghasil tambang logam dan non logam…

Jawaban :

Ada beberapa kota dan provinsi penghasil tambang logam dan non logam.

Antaranya :

Tamabng logam : Emas dan Perak Papua, NTB, Jawa Barat, Sumatera Utara, dan Sumbawa.

Tamabng non logam :

Batubara : Maluku Utara, Jawa, Sulawesi, Papua, Sumatra, dan Kalimantan.

Marmer : Bone, Maros, Enrekang, Sulawesi Selatan, Lampung, Aceh, Sumatra Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Penjelasan :

Tambang logam adalah bahan tambang yang berwujud bijih yang dapat menghantarkan listrik. Contohnya bijih besi, nikel, emas, tembaga, timah, dan bijih bauksit. Sementara itu, tambang non logam adalah bahan tambang yang tidak termasuk dalam tambang logam. Contohnya adalah batubara, belerang, gamping, intan, fosfat, pasir kuarsa, marmer.
Di Indonesia sendiri memiliki potensi barang tambang yang melimpah dan persebarannya berbeda tiap daerahnya. Berikut adalah persebaran beberapa hasil tambang logam dan non logam di Indonesia:
1. Emas dan Perak. Daerah penghasil tambang tersebut adalah Tambang Grasberg di Papua, Tambang Gunung Dompu di NTB, Tambang Gunung Pongkor di Jawa Barat, Tambang Martabe di Sumatera Utara dan satu lokasi potensial yang sedang tahap eksplorasi yakni di Sumbawa.
2. Minyak Bumi. Daerah-daerah yang menjadi sumur minyak di Indonesia cukup tersebar, yakni Kilang Dumai di Provinsi Riau, Kilang Balongan di Jawa Barat, Kilang Cilacap dan Cepu di Jawa Tengah, Kilang Balikpapan di Kalimantan Timur, dan Kilang Kasim di Papua Barat.
3. Batubara. Lokasi tambang batu bara di Indonesia juga cukup tersebar. Yakni ada di Maluku Utara, Jawa, Sulawesi, Papua, Sumatra, dan yang terbesar di Kalimantan.
4. Marmer. Daerah pertama sekaligus penghasil marmer terbesar saat ini ada Bone, Maros, Enrekang, Sulawesi Selatan. Lalu ada di Lampung, Aceh, Sumatra Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa kota dan provinsi penghasil tambang logam dan non logam.

Tinggalkan komentar