Jumlah penduduk Indonesia senantiasa meningkatkan kebutuhan pangan penduduk Indonesia pun bertambah upaya tepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut yaitu

Jumlah penduduk Indonesia senantiasa meningkatkan kebutuhan pangan penduduk Indonesia pun bertambah upaya tepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut yaitu…

Jawaban :

Meningkatkan produktivitas pertanian komoditas untuk ketahanan pangan.

Penjelasan :

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di Asia. Banyaknya jumlah penduduk menyebabkan kebutuhan akan pangan meningkat. Terpenuhinya kebutuhan pangan dari berbagai segi dikaitkan dengan ketahanan pangan. Ketahanan pangan adalah tersedianya bahan pangan yang cukup, sehat, beragam, dan bergizi untuk setiap orang atau keluarga. Ketahanan pangan perlu dijaga agar kebutuhan pangan cukup bagi penduduk Indonesia.

Berbagai upaya yang dilakukan Pemerintah untuk meningkatkan kebutuhan pangan di Indonesia antara lain yaitu:
1. Meningkatkan ketahanan pangan, seperti penyediaan pupuk bersubsidi, pembangunan infrastruktur irigasi, penyediaan bibit, benih, kredit, dan berbagai input lainnya.
2. Mengembangkan kawasan food estate di sejumlah daerah yang akan menjadi kawasan pertanian yang dikelola mulai hulu hingga hilir, mulai tanam hingga penjualan, yang dilakukan secara sinergi dan berkelanjutan.
3. Menerapkan manajemen kebijakan pangan terhadap komoditas strategis seperti beras, jagung, kedelai, gula, daging sapi, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, daging dan telur ayam, serta tepung terigu.

Dari penjelasan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa upaya yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pangan di Indonesia adalah meningkatkan produktivitas pertanian komoditas untuk ketahanan pangan.

Tinggalkan komentar