Sebutkan bagian bagian dari darah manusia!

Sebutkan bagian bagian dari darah manusia!

Jawaban:

Darah adalah bagian yang berguna untuk menjadi pengangkut bahan/zat makanan, oksigen, sisa-sisa metabolisme, dan hormon di dalam badan manusia, selain itu darah juga menjadi penjaga kadar asam-basa cairan tubuh dan pengontrol suhu badan.

Darah terdiri dari 2 komponen utama, plasma darah dan sel-sel darah.
1. Plasma darah adalah komponen penyusun darah yang paling banyak, sebesar 55% bagian darah adalah plasma darah. Plasma darah terdiri dari protein-protein darah seperti immunoglobin, albumin, protein, nutrisi, hormon, gas terlarut, serta zat hasil ekskresi.

2. Sel darah ini dibagi menjadi 3 komponen penyusun yaitu sel darah merah, sel darah putih dan keping darah:

a. Sel darah merah atau eritrosit bertugas membawa hemoglobin yang telah terikat oksigen dari paru-paru menuju jaringan lain. Selain itu, sel darah merah yang telah mengangkut oksigen, harus mengangkut hemoglobin yang telah terikat karbon dioksida kembali ke paru-paru untuk melanjutkan siklus pernapasan manusia.

b. Sel darah putih atau leukosit berfungsi dalam menjaga kekebalan dan pertahanan tubuh. Leukosit ini bertugas untuk menetralkan bakteri dan kuman yang masuk melalui aliran darah atau dari luka yang terbuka.

c. Keping darah atau trombosit berfungsi untuk proses pembekuan darah. Trombosit memiliki bentuk yang tidak teratur, tidak berwarna, tidak berinti, berukuran lebih kecil dari eritrosit dan leukosit, dan mudah pecah.

Jadi, komponen darah terdiri dari plasma darah dan sel darah, sel darah ada tiga jenis yaitu sel darah merah, sel darah putih dan keping darah.

Tinggalkan komentar