Apa itu Bronkiolus?

Apa itu Bronkiolus?

Jawaban:

Bronkiolus merupakan percabangan dari bronkus.

Sistem pernapasan manusia adalah kumpulan organ-organ yang saling bekerja sama untuk proses memasukkan udara mengandung oksigen ke dalam tubuh dan mengeluarkan karbondioksida. Organ-organ yang berperan di dalam sistem pernapasan, yaitu :

1. Hidung
Hidung berperan sebagai jalur masuknya udara yang utama, walaupun kita dapat juga bernapas dengan mulut. Bernapas dengan hidup memiliki beberapa kelebihan dibandingkan bernapas dengan mulut. Kelebihan-kelebihan tersebut antara lain udara dapat disaring, dihangatkan, dilembabkan, dan dibersihkan dari berbagai bakteri serta debu terlebih dahulu sebelum masuk ke saluran pernapasan. Hidung memiliki bagian seperti lubang hidung, bulu-bulu halus, silia, dinding tengah, dan dinding samping.

2. Tenggorokan (Faring)
Setelah masuk dari lubang hidung, udara diteruskan ke tenggorokan. Di bagian ini, tidak ada proses yang terjadi selain udara hanya lewat saja.

3. Pangkal tenggorokan (Laring)
Laring merupakan penghubung untuk faring dan trakea. Di bagian ini, udara juga hanya lewat dan diteruskan ke trakea.

4. Trakea
Trakea merupakan penghubung antara laring dengan bronkus dan menjadi jalan bagi udara dari leher ke bagian dada. Bentuknya trakea menyerupai pipa. Fungsi utamanya sebagai jalur udara untuk masuk dan keluar dari paru-paru. Organ ini juga tersusun atas cincin tulang rawan dan terdapat di depan kerongkongan.

5. Bronkus
Bronkus merupakan percabangan dari trakea. Organ ini memiliki 2 cabang, satu menuju ke paru-paru kanan dan dan satu cabang ke paru-paru kiri. Setelah melewati bronkus, percabangan akan diteruskan oleh bronkiolus dan berakhir di alveolus atau gelembung udara. Bronkus berfungsi sebagai jalur udara dari trakea menuju paru-paru.

6. Bronkiolus
Bronkiolus adalah percabangan dar bronkiolus yang berfungsi sebagai jalur udara dari trakea ke paru-paru.

7. Paru-paru
Paru-paru merupakan tempat pertukaran udara yang mengandung oksigen dengan yang mengandung karbondioksida. Paru-paru terdiri dari banyak alveolus yang berbentuk seperti gelembung dan menjadi tempat utama terjadinya pertukaran udara.

Tinggalkan komentar