Apa saja jenis-jenis bakteri yang baik dan yang jahat?

Apa saja jenis-jenis bakteri yang baik dan yang jahat?

Jawaban:

Bakteri jahat dan bakteri baik akan sangat beragam, sebagai contoh bakteri jahat adalah bakteri ๐˜š๐˜ข๐˜ญ๐˜ฎ๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ญ๐˜ข ๐˜จ๐˜ข๐˜ด๐˜ต๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ช๐˜ต๐˜ช๐˜ด, ๐˜”๐˜บ๐˜ค๐˜ฐ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ค๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ช๐˜ถ๐˜ฎ ๐˜ต๐˜ถ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ค๐˜ถ๐˜ญ๐˜ฐ๐˜ด๐˜ช๐˜ด dan ๐˜š๐˜ต๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฑ๐˜ต๐˜ฐ๐˜ค๐˜ฐ๐˜ค๐˜ค๐˜ถ๐˜ด ๐˜ฑ๐˜ฏ๐˜ฆ๐˜ถ๐˜ฎ๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜ช๐˜ข๐˜ฆ, sedangkan contoh bakteri baik adalah ๐˜“๐˜ข๐˜ค๐˜ต๐˜ฐ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ค๐˜ช๐˜ญ๐˜ญ๐˜ถ๐˜ด ๐˜ด๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ท๐˜ข๐˜ณ๐˜ช๐˜ถ๐˜ด, ๐˜š๐˜ต๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฑ๐˜ต๐˜ฐ๐˜ค๐˜ฐ๐˜ค๐˜ค๐˜ถ๐˜ด ๐˜ต๐˜ฉ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฎ๐˜ฐ๐˜ฑ๐˜ฉ๐˜ช๐˜ญ๐˜ถ๐˜ด dan ๐˜‰๐˜ช๐˜ง๐˜ช๐˜ฅ๐˜ฐ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ค๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ช๐˜ข ๐˜ฃ๐˜ช๐˜ง๐˜ช๐˜ฅ๐˜ถ๐˜ฎ.

Bakteri adalah makhluk hidup terkecil yang ada di muka bumi yang hanya bisa dilihat dengan menggunakan mikroskop. Secara garis besar, bakteri dibedakan menjadi bakteri baik dan bakteri jahat.

Bakteri baik merupakan sekumpulan bakteri yang mempunyai peran penting dalam membantu proses pencernaan serta penyerapan zat gizi dalam tubuh. Sedangkan bakteri jahat adalah bakteri yang lebih banyak didapatkan dari luar tubuh dan bisa mengakibatkan infeksi.

Contoh bakteri jahat, seperti :
โ€“ ๐˜š๐˜ข๐˜ญ๐˜ฎ๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ญ๐˜ข ๐˜จ๐˜ข๐˜ด๐˜ต๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ช๐˜ต๐˜ช๐˜ด, merupakan bakteri yang menyebabkan penyakit salmonella. Penyakit ini adalah jenis infeksi yang sering terjadi pada pencernaan dan digambarkan sebagai kondisi keracunan makanan. Ini menyebabkan sakit perut yang parah, diare, dan muntah.
โ€“ ๐˜”๐˜บ๐˜ค๐˜ฐ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ค๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ช๐˜ถ๐˜ฎ ๐˜ต๐˜ถ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ค๐˜ถ๐˜ญ๐˜ฐ๐˜ด๐˜ช๐˜ด, merupakan bakteri yang menyebabkan penyakit tuberkolosis yang merupakan penyakit menular pada paru-paru sehingga menyebabkan penderitanya mengalami batuk terus-menerus selama lebih dari 3 minggu, batuk berdarah, nyeri dada, gangguan pernapasan karena batuk, demam, dan panas dingin.
โ€“ ๐˜š๐˜ต๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฑ๐˜ต๐˜ฐ๐˜ค๐˜ฐ๐˜ค๐˜ค๐˜ถ๐˜ด ๐˜ฑ๐˜ฏ๐˜ฆ๐˜ถ๐˜ฎ๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜ช๐˜ข๐˜ฆ, merupakan bakteri yang menyebabkan penyakit pneumonia sehingga terjadi infeksi paru-paru. Penyakit ini adalah menular dan biasanya menyebar melalui partikel udara dari batuk atau bersin.

Contoh bakteri baik, seperti :
โ€“ ๐˜“๐˜ข๐˜ค๐˜ต๐˜ฐ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ค๐˜ช๐˜ญ๐˜ญ๐˜ถ๐˜ด ๐˜ด๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ท๐˜ข๐˜ณ๐˜ช๐˜ถ๐˜ด, merupakan bakteri baik yang muncul paling awal di dalam rongga mulut dan usus tidak lama setelah lahir. Ia berperan untuk menghambat pertumbuhan ๐˜๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ช๐˜ค๐˜ฐ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ค๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ ๐˜ฑ๐˜บ๐˜ญ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ช, yaitu bakteri jahat yang menyebabkan tukak lambung.
โ€“ ๐˜š๐˜ต๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฑ๐˜ต๐˜ฐ๐˜ค๐˜ฐ๐˜ค๐˜ค๐˜ถ๐˜ด ๐˜ต๐˜ฉ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฎ๐˜ฐ๐˜ฑ๐˜ฉ๐˜ช๐˜ญ๐˜ถ๐˜ด, merupakan bakteri yang dapat mencerna laktosa pada susu, bakteri baik ini diyakini bisa menjadi solusi bagi penderita intoleransi laktosa. Selain itu, bakteri ini juga menghasilkan zat yang ampuh melawan patogen penyebab pneumonia dan tukak lambung.
โ€“ ๐˜‰๐˜ช๐˜ง๐˜ช๐˜ฅ๐˜ฐ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ค๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ช๐˜ข ๐˜ญ๐˜ข๐˜ค๐˜ต๐˜ช๐˜ด, merupakan bakteri yang menyehatkan pencernaan, banyak terdapat dalam produk fermentasi sayuran ini juga membantu mengendalikan kadar kolesterol sehingga bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Tinggalkan komentar