Brexit merupakan fenomena baru yang saat ini dikenal luas oleh masyarakat dunia melalui pemberitaan di berbagai media. Fenomena ini merupakan peristiwa keluarnya Inggris dari Uni Eropa yang diputuskan sesuai dengan hasil referendum yang dilakukan oleh penduduk Inggris. Selain Inggris, negara lain yang memilih keluar dari Uni Eropa adalah Wales. Sementara itu, Irlandia Utara dan Skotlandia gagal untuk keluar dari Uni Eropa karena mayoritas penduduknya memilih untuk tetap bergabung dengan Uni Eropa. Dampak geografis yang dapat terjadi akibat terjadinya brexit adalah

Brexit merupakan fenomena baru yang saat ini dikenal luas oleh masyarakat dunia melalui pemberitaan di berbagai media. Fenomena ini merupakan peristiwa keluarnya Inggris dari Uni Eropa yang diputuskan sesuai dengan hasil referendum yang dilakukan oleh penduduk Inggris. Selain Inggris, negara lain yang memilih keluar dari Uni Eropa adalah Wales. Sementara itu, Irlandia Utara dan Skotlandia gagal untuk keluar dari Uni Eropa karena mayoritas penduduknya memilih untuk tetap bergabung dengan Uni Eropa. Dampak geografis yang dapat terjadi akibat terjadinya brexit adalah …

A. Wilayah Inggris menjadi lebih sempit dibandingkan saat bergabung dengan Uni Eropa.
B. Mobilitas penduduk Inggris dari dan ke negara-negara Eropa lainnya menjadi lebih terbatas.
C. Penduduk Inggris akan lebih senang karena tidak bertetangga dengan imigran dari Timur Tengah.

Jawaban :

B. Mobilitas penduduk Inggris dari dan ke negara – negara Eropa lainnya menjadi lebih terbatas.

Penjelasan :

Dampak geografi yang disebabkan oleh peristiwa Brexit adalah mobilitas penduduk Inggris dari dan ke negara – negara Eropa lainnya menjadi lebih terbatas. Dengan adanya peristiwa keluarnya Negara Inggris dari Uni Eropa maka berdampak pada semakin terbatasnya mobilitas/perpindahan penduduk /barang dari dan ke negara – negara Eropa lainnya.

Hal ini disebabkan karena setelah keluar dari Uni Eropa, maka ketentuan terkait mobilitas manusia atau barang dari Inggris ke negara – negara Eropa lainnya tidak akan semudah dan seleluasa seperti sebelumnya ketika Inggris masih bergabung di Uni Eropa.

Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa pernyataan yang menunjukkan dampak dari keluarnya Inggris dari Uni Eropa dilihat dari aspek geografi, khususnya geografi kependuukan/demografi ditunjukkan oleh pernyataan di opsi B yaitu mobilitas penduduk Inggris dari dan ke negara – negara Eropa lainnya menjadi lebih terbatas.

Tinggalkan komentar