Keuntungan dari letak Negara Indonesia secara Geologis yaitu, Kecuali

Keuntungan dari letak Negara Indonesia secara Geologis yaitu, Kecuali ….

a. Terdapat banyak gunung api sehingga tanah menjadi subur dan mengandung mineral
b. Jalur perdagangan antara benua Asia dan benua Australia
c. Melimpahnya hasil laut yang bisa diekspor ke luar negeri
d. Banyak lahan untuk industri dari penanaman modal dalam negeri dan modal asing

Jawaban :

D. Banyak lahan untuk industri dari penanaman modal dalam negeri dan modal asing

Penjelasan :

Yang tidak termasuk keuntungan dari letak Negara Indonesia secara Geologis yaitu Banyak lahan untuk industri dari penanaman modal dalam negeri dan modal asing.

Letak geografis Indonesia yang berada pada pertemuan tiga lempeng besar, menyebabkan Indonesia memiliki banyak gunung api sehingga tanah menjadi subur dan mengandung mineral. Posisi letak geologis Indonesia diidentifikasi dengan kondisi batuan dan pegunungan sangat unik. Indonesia berada di antara dua sirkum, tiga dangkalan, dan lempeng tektonik. Wilayah Indonesia terletak di antara dangkalan Sunda, Sahul, dan peralihan keduanya. Letak geografis Indonesia juga berada pada pertemuan tiga lempeng besar yaitu, lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik. Pertemuan ketiganya menyebabkan Indonesia berada di wilayah ring of fire atau cincin api Pasifik, yang membuat Indonesia rentan terhadap gempa bumi, serta berpotensi terhadap bencana tsunami.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D. Yang tidak termasuk keuntungan dari letak Negara Indonesia secara Geologis yaitu Banyak lahan untuk industri dari penanaman modal dalam negeri dan modal asing.

Tinggalkan komentar