Meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia, merupakan pengaruh interaksi antarruang di bidang

Meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia, merupakan pengaruh interaksi antarruang di bidang …
a. Pendidikan
b. Budaya
c. Ekonomi
d. Politik

Jawaban :

C. Ekonomi

Penjelasan :

Interaksi antar ruang adalah cara mengelola ruang-ruang berdasarkan potensi dan permasalahannya serta keterkaitan suatu ruang dengan ruang-ruang yang ada di sekitarnya. Jenis-jenis interaksi antarruang antara lain berupa pergerakan orang, barang, dan informasi.

Interaksi antar ruang terjadi dalam bentuk perdagangan untuk memenuhi kebutuhan barang atau jasa yang tidak mampu diciptakan sendiri oleh suatu negara. Dari interaksi itu, suatu negara akan mendapatkan keuntungan ekonomi dengan cara menjual atau menyediakan jasa.

Interaksi antar ruang di bidang ekonomi, memiliki dampak positif yaitu mengekspor produk=produk dalam negeri, Peluang SDm untuk bekerja di luar negeri, mudahnya akses modal dari luar negeri, mudah mendapatkan barang-barang dari luar negeri, dan kegiatan pariwisata dalam negeri akan terus meningkat.

Maka salah satu pengaruh interaksi antar ruang di bidang ekonomi adalah untuk meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia. Karena dengan adanya interaksi antar ruang peluang SDM bekerja akan lebih terbuka.

Tinggalkan komentar