Negara yang belum memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memproduksi barang tertentu lebih memilih membeli dari negara lain. Ini tidak lepas dari biaya produksi yang tinggi untuk memproduksi suatu barang. Pernyataan ini menunjukkan salah satu faktor pendorong perdagangan internasional/antarnegara, yaitu

Negara yang belum memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memproduksi barang tertentu lebih memilih membeli dari negara lain. Ini tidak lepas dari biaya produksi yang tinggi untuk memproduksi suatu barang. Pernyataan ini menunjukkan salah satu faktor pendorong perdagangan internasional/antarnegara, yaitu….

A. perbedaan sumber daya alam
B. penghematan biaya produksi
C. perbedaan keadaan geografis
D. persamaan selera masyarakat

Jawaban :

B. Penghematan biaya produksi

Penjelasan :

Beberapa faktor yang mendorong perdagangan internasional adalah :

1. Perbedaan Sumber Daya Alam
Setiap negara memiliki sumber daya alam yang berbeda. Indonesia memiliki banyak sumber daya alam, antara lain kayu, minyak bumi, batubara, timah dan karet, tetapi belum memiliki kemampuan yang memadai untuk mengolahnya. Hal ini mendorong Indonesia untuk mengekspor bahan mentah/bahan baku ke negara lain untuk di olah.

2. Penghematan biaya produksi
Bagi negara yang belum memiliki ilmu pengetahuan dan tekhnologi untuk membuat sendiri produk seperti mobil dan handphone, pembuatannya akan menghabiskan biaya produksi yang jauh lebih mahal dibandingkan jika negara tersebut membelinya dari negara lain.

3. Pemenuhan kebutuhan nasional
Apabila suatu negara tidak mampu memenuhi semua barang dan jasa yang menjadi kebutuhan penduduk, sehingga untuk memenuhinya suatu negara perlu mengimpor barang dan jasa tersebut dari luar negeri. Dengan demikian kebutuhan produk dapat dipenuhi.

4. Perbedaan penguasaan teknologi
Penguasaan teknologi yang tidak merata antar tiap negara, menyebabkan terjadinya perdagangan internasional. Negara dengan teknologi maju mampu menjual barang dengan harga murah kepada negara yang memiliki teknologi sederhana. Contohnya Indonesia mengimpor mobil dari Jepang karena Jepang memiliki teknologi pembuatan mobil yang maju.

Tinggalkan komentar