Faktor apa yang membuat suatu wilayah menjadi padat maupun tidak padat penduduk?

Faktor apa yang membuat suatu wilayah menjadi padat maupun tidak padat penduduk?

Jawaban :

Faktor yang membuat suatu wilayah menjadi padat maupun tidak padat penduduk adalah faktor fisiologi, faktor ekonomi dan faktor sosial budaya.

Penjelasan :

Kepadatan penduduk merupakan indikator awal untuk mendeteksi tingkat perkembangan wilayah. Kawasan dengan kepadatan tinggi umumnya adalah pusat pemukiman dan perekonomian. Adapun faktor yang membuat suatu wilayah menjadi padat maupun tidak padat penduduk, yaitu:
1. Fisiografis
Keadaan wilayah secara fisik menjadi salah satu penentu manusia untuk menetap. Indikator fisiografis di antaranya letak ketinggian, kesuburan tanah, iklim, ketersediaan air, dan kondisi sumber daya.
2. Ekonomi
Wilayah dengan pertumbuhan ekonomi pesat seperti daerah industri akan menarik pendatang lebih banyak. Faktor-faktor seperti ketersediaan pekerjaan dan upah yang relatif tinggi juga berkontribusi dalam hal ini.
3. Sosial Budaya
Keadaan lingkungan sosial yang kondusif dan cenderung aman menjadi salah satu daya tarik bagi seseorang untuk menetap di suatu wilayah. Budaya perkotaan yang jauh lebih modern dari pedesaan membuat masyarakat memilih untuk tinggal dan menetap di perkotaan.

Tinggalkan komentar