Kenapa mata kita selalu berkedip?

Kenapa mata kita selalu berkedip?

Jawaban:

Alasan utama kita selalu berkedip yaitu agar kondisi mata tetap lembab dan terhindar dari iritasi yang dapat merusak indera penglihatan.

Pembahasan:

Saat mata kita berkedip, maka akan terjadi peristiwa pelapisan kornea atau jaringan terluar di mata dengan menggunakan air mata yang mengandung oksigen. Tujuan dari peristiwa tersebut yaitu berguna untuk menyingkirkan kotoran pada kornea di bola mata.

Setiap orang memiliki frekuensi berkedip yang berbeda-beda, salah satu faktor pengaruhnya yaitu usia. Pada orang yang lebih tua, kinerja kelenjar air mata akan mengalami penurunan sehingga kondisi bola mata menjadi lebih cepat kering. Oleh sebab itu, orang yang sudah mulai memasuki usia tua akan lebih sering berkedip.

Nah, hal yang sebaliknya terjadi pada bayi yaitu lebih jarang berkedip. Hal tersebut dikarenakan seorang bayi lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur sehingga kondisi kelembapan bola matanya tetap terjaga.

Hal lainnya yang terkait dengan kedipan mata manusia, yaitu saat kita lupa untuk mengedipkan mata. Kejadian tersebut dapat berlangsung saat kita sedang berkonsentrasi penuh terhadap suatu hal atau sedang fokus mengerjakan satu aktivitas. Akibatnya yaitu mata kita akan mudah merasa lelah karena terkena iritasi dan terasa pedih. Apabila terjadi peristiwa yang demikian, maka salah satu cara mengatasinya yaitu dengan menggunakan obat tetes mata.

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …