Jelaskan peranan festival budaya dalam kegiatan pembangunan Nasional?

Jelaskan peranan festival budaya dalam kegiatan pembangunan Nasional?

Jawaban :

Indonesia adalah negara yang memiliki keragaman budaya. Budaya yang berkembang dapat berupa adat istiadat, kesenian daerah, tarian daerah, lagu daerah, alat musik tradisional, pakaian adat, dan rumah adat. Keragaman budaya dirangkum dalam kegiatan festival budaya.
Festival budaya memiliki tujuan yang berbeda-beda, antara lain untuk hiburan dan edukasi, menyatukan berbagai komunitas di dalam masyarakat, serta bertujuan untuk meningkatkan promosi pariwisata. Pengadaan festival budaya dapat menjadi hal yang efektif dalam mendorong perekonomian di suatu wilayah.
Kebudayaan yang terangkum dalam festival budaya tersebut dapat dijadikan dasar untuk membantu melaksanakan rencana pembangunan nasional. Pembangunan nasional tidak hanya terkait dengan peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat, tapi juga peningkatan seluruh aspek kehidupan masyarakat. Memasukkan kebudayaan ke dalam pembangunan merupakan cara untuk membentuk dan melestarikan identitas Indonesia sebagai bangsa dengan kebudayaan yang beragam.

Jadi, peran festival budaya dalam kegiatan pembangunan nasional adalah meningkatkan promosi pariwisata, sehingga dapat mendorong perekonomian suatu wilayah dan melestarikan identitas Indonesia sebagai bangsa dengan kebudayaan yang beragam.

Tinggalkan komentar