Apa Penyebab TV Tiba-tiba Mati

Apa Penyebab TV Tiba-tiba Mati?

Penyebab TV Tiba-tiba Mati – Pertanyaan ini sering muncul diberbagai tempat servis center untuk itulah kami sedikit menulis tentang hal yang sering ditanyakan mudah-mudahan sedikit memberikan penjelasan tentang apa yang sebenarnya terjadi.

Tv tiba-tiba mati sendiri merupakan hal yang menjengkelkan jika ini berlangsung lama dan terus terusan, kita pasti tidak akan nyaman jika memiliki tv yang tiba-tiba mati ketika tengah disaksikan.

Gejala kerusakan tv yang tiba-tiba mati sendiri kebanyakan dialami pemilik tv slim misalnya Samsung, Akari, Polytron, Sharp, dan LG tentunya dengan kerusakan yang berbeda beda.

Namun ada kemungkinan bahwa tv cina juga terkadang mengalami gejala yang sama. Ada beberapa penyebab kenapa tv tiba-tiba mati sendiri yang harus dipahami mulai dari gejala dan jenis kerusakan.

Apa Penyebab TV Tiba-tiba Mati?

Berikut beberapa gejala kerusakan tv tiba-tiba mati sendiri:

TV protek 

Pada tv terdapat sistem kerja untuk memproteksi pada bagian blok kerja terutama pada bagian tegangan tinggi. Jika tidak adanya sistem protek, tv akan mengalami kerusakan yang lebih parah.

Gejalanya yaitu :

Ketika pertama kali dinyalakan tv bisanya akan start namun mati lagi, namun lampu indikator masih menyala. Atau tv hanya mampu hidup beberapa detik kemudian mati lagi dan lampu standby masih menyala.

Kerusakan komponen regulator 

Gejala keruskan tv yang tiba-tiba mati sendiri ini lebih tepatnya tv mati total dan lampu LED tidak menyala. Ada kejadian saat memeprbaiki Tv Polytron dan Sharp dengan keluhan yang Tv nya tiba-tiba mati sendiri jika sudah panas.

Sebetulnya tidak hanya ketika sudah panas saja dalam satu dua menit kemudian jika tv normal komponen belum begitu panas.

Ada keluhan lainya lagi kadang jika tv dimatikan dengan streaker dicabut atau tombol power di tv dimatikan akan ada kerusakan, tv akan mati dengan sendiri. Sedangkan jika dimatikan secara standby, tv tidak akan mati sendiri.

Atau kebalikanya yaitu ketika tv tiba-tiba mati pengguna harus menccabut kabel streker dan ditancapkan lagi, tv akan hidup lagi namun dalam beberapa saat saja kemudian tv tiba-tiba mati sendiri lagi.

Memperbaiki tv dengan gejala semacam ini kadang menyusahkan karena terdapat komponen yang setengah mati. Ini sering terjadi pada tv yang menggunakan IC SRT pada regulatornya misalnya TV LG dan SHARP.

Kerusakan pada solderan kaki komponen retak

Gejala kerusakan juga bisa disebabkan oleh solderan yang sudah retak yaitu tv tiba-tiba mati sendiri lalu hidup lagi jika tv dipukul.

Pengguna tidak tau jika memukul tv secara terus menerus dapat membuat masalah baru dengan kerusakan yang lebih parah.

Jika retakan pada soderan terjadi para bagian tegangan maka bisa menimbulkan percikan api pada PCB sehingga kadang para teknisi menemui gosong di PCB.

Bahayanya lagi, jika dibiarkan kerusakan ini menjadi panjangan bisa mengakibatkan tabung rusak karena tv dalam keadaan menyala jika dipukul maka akan mengakibatkan adanya tegangan CRT dan menibulkan getaran. Itu bisa mengakibatkan fileamen menjadi putus bahkan ada kasus tabung gambar retak pada leher tabung.

Akhir Kata

Itu saja informasi yang kami sampaikan tentang Apa Penyebab TV Tiba-tiba Mati, jika informasi yang kami sampaikan bermanfaat silahkan share keteman teman atau keluarga dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Check Also

Cara Merawat TV LED agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat TV LED agar Tidak Cepat Rusak

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, semakin banyak bermunculan produk-produk elektronik baru yang tentunya sudah semakin …

Leave a Reply

Your email address will not be published.