Lani dan Dayu berkeliling kelas untuk mengumpulkan sumbangan bagi para korban bencana alam nilai nilai kepahlawan apa yang diterapkan Lani dan Dayu

Lani dan Dayu berkeliling kelas untuk mengumpulkan sumbangan bagi para korban bencana alam nilai nilai kepahlawan apa yang diterapkan Lani dan Dayu

Jawaban :

Rasa kasih dan peduli terhadap sesama, saling menyayangi dan mengasihi dalam kehidupan bermasyarakat, dan saling berbagai ketika ada yang terkena musibah.

Pembahasan :

Pancasila merupakan dasar dan landasan ideologi bangsa Indonesia yang isinya tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Pancasila ini berasal dari bahasa Sanskerta yang terdiri dari dua kata, yaitu ‘panca’ yang berarti lima dan ‘sila’ yang berarti prinsip atau asas.

Pancasila digunakan untuk pedoman sikap masyarakat Indonesia. Artinya, masyarakat Indonesia harus selalu menjiwai nilai-nilai luhur Pancasila. Nilai-nilai tersebut sesuai dengan kelima bunyi Pancasila. Salah satu sila yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari adalah Pancasila sila ke-2 berbunyi “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab”.

Salah satu bentuk pengamalan dari sila ke-2 ini adalah dengan mengumpulkan sumbangan bagi para korban bencana alam, yang mengandung nilai-nilai kepahlawanan. Diantaranya adalah:
1. Rasa kasih dan peduli terhadap sesama.
2. Saling menyayangi dan mengasihi dalam kehidupan bermasyarakat.
3. Saling berbagai ketika ada yang terkena musibah.

Dengan demikian, jawabannya adalah rasa kasih dan peduli terhadap sesama, saling menyayangi dan mengasihi dalam kehidupan bermasyarakat, dan saling berbagai ketika ada yang terkena musibah.

Tinggalkan komentar