Urutan Instalasi Sound System 2 Way dan 3 Way

Urutan Instalasi Sound System 2 Way dan 3 Way

Urutan Instalasi Sound System 2 Way dan 3 Way – Ada banyak pendapat tentang urutan instalasi sound system, setiap soundman memiliki cara sendiri dalam instalasi aksesoris sound sistem. Kali ini saya akan membagikan dasar dalam berbagai macam instalasi sound sistem. Menurut pengalaman saya selama melakukan instalasi sound sistem.

Urutan Instalasi Sound System 2 Way dan 3 Way

Perangkat yang digunakan sound audio sistem menggunakan beberapa alat seperti mixer, crossover pasif, equalizer, kabel, crossover, amplifier speaker menejemen dan speaker.

Berikut beberapa jenis instalasi yang berbeda-beda.

Urutan Instalasi pada sound sistem 2 way hight dan low

Instalasi ini merupakan instalasi yang sederhana biasanya digunakan pada system audio sederhana. Urutan yang digunakan mulai dari Mixer -> Equalizer -> Tone Control -> Amplifier -> Crossover Passive -> speaker.

Didalam instalasi ini akan sangat menghemat power amplifier karena yang dipakai adalah Crossover pasif. Jika memakai Crossover aktif kemungkin akan menggunakan 2 amplifier untuk memisahkan suara. Tapi jika menggunan Crossover pasif akan menghemat perangkat amplifier. Namuntapi kekurangan dalam sistem ini masih kalah dengan system instalasi yang memakai Crossover aktif. Sehingga amplifier yang dipakai harus powerful dan multi frekuensi.

Pemakaian Crossover pasif bisa dihilangkan dengan mengganti preamp dengan Crossover aktif 2 jalan sebelum input amplifier. Atau juga bisa dengan opsi lain mengatur eq stereo menjadi dua medan frekuensi. Tapi amplifier harus streo atau dengan menambah satu amplifier.

Sistem 2 jalan biasanya digunakan untuk acara kecil kecilan yang tidak harus menggunakan subwoofer, misalnya acara musik akustik.

Urutan instalasi sound system 3 way

Sebenarnya pada sistem 3 jalan tidak jauh beda dengan sistem 2 jalan yang menjadi perbedaan adalah di pembagian suara speaker atau speker menejemen. Crossover yang digunakan merupakan Crossover aktif dan pasif. Sehingga pemahaman dalam menangani frekuensi lebih ketat terutama di eq.

keterangan pada gambar :

  • Pertama audio diolah dari mixer
  • Kemudian masuk ke pengaturan frekunsi atau EQ
  • Dari EQ dipisah memakai Crossover aktif atau speaker menejemen atau driverack
  • Pembagian amplifier memakai 2 buah agar kerja amplifier seimbang, masing masing amplifier dikhususkan senada supaya kerja seimbang
  • Menuju Crosover pasif dibox speaker yang menggunakan sistem 3 jalan mid hig, midlow, dan twitter.

Opsi lain Perangkat yang dipakai bisa memakai Crossover aktif 3 jalan tapi perlu menambah satu amplifier lagi. Sehingga amplifier yang dibutuhkan yakni 3 buah atau 2 perangkat. Ini merupakan instalasi sistem yang sering dipakai olah kebanyakan sound sistem.

Bisa dikatakan system 3 way low mid high adalah system yang ideal dalam standar instalasi audio sound sistem. Low mid high biasanya ditekan disublow dan lowmid supaya menghasilkan suara yang utuh pada frekuensi 30hz hingga 300hz.

Ini hanyalah refrensi berdasarkan pengalaman pribadi, jika ada kesalah mohon dikoreksi.

Akhir Kata

Sekian informasi yang kami sampaikan tentang Urutan Instalasi Sound Sistem 2 Way dan 3 Way, jika informasi yang kami bagikan bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Check Also

Fungsi Output 100v Pada Amplifier TOA

Fungsi Output 100v Pada Amplifier TOA

Fungsi Output 100v Pada Amplifier TOA – Output amplifier TOA ada fitur 100V. Apakah kegunaan …