Fungsi Kapasitor Bank Di Motor Menghemat Aki Benarkah

Fungsi Kapasitor Bank Di Motor Menghemat Aki Benarkah

Fungsi Kapasitor Bank Pada Motor Menghemat Aki Benarkah – Kapasitor Bank yang dipasang disepeda motor berguna sebagai pembantu aki dalam mensetabilkan arus yang akan dialirkan ke berbagai fungsi untuk lampu, lampu sen, injeksi, starter, klakson, dan lain sebagainya supaya lebih setabil.

Ada banyak pendapat tentang kapasitor bank yang di pasang di sebuah motor. Ada yang mengatakan memakai capasitor bank pada motor tidak ada fungsi, alias sama saja tidak memakai capasitor bank. Tapi di sudut lain ada yang mengatakan memakai capasitor bank itu berguna karena bisa membantu kinerja aki. Bahkan bisa dikatakan memakai capasitor bank bisa memperbanjang umur aki.

Fungsi Kapasitor Bank Di Motor Menghemat Aki Benarkah

Berikut fungsi kapasitor bank di motor :

Fungsi Kapasitor Bank Di Motor Menghamat Aki, Benarkah?

Jika dilihat lebih dalam fungsi kapasitor sebenarnya hampir mirip dengan aki. Tapi bedanya capasitor hanya menyimpan arus untuk sementara waktu karena kapasitas penyimpanannya yang sedikit. Misal 10.000 uf hanya bisa menampung beberapa persen dari penyimpanan aki.

Di dalam Elektronika Elko berukuran capasitas besar dipakai untuk memfilter dan menstabilkan arus DC yang telah disalurkan oleh Dioda sehingga tegangan bisa setabil dan sesuai dengan output asli dari Dioda. Misalkan output Dioda tanpa Elko pada saat diukur 15 volt DC, setelah itu coba diberi beban maka tegangan akan mengalami drop, setelah diberi Elko tegangan menjadi 25 volt DC, pada saat diberi beban maka tegangan tidak akan berubah.

Percobaan

Sekarang kita akan coba praktekan langsung dipasang pada motor tapi tanpa memakai aki. Salah satu faktanya meski Elko dalam keadaan terisi tapi tidak bisa menghidupkan lampu, hanya hidup sebentar lalu langsung mati.

Perbedaan yang mencolok ketika mesin dalam keadaan menyala, mesin bisa hidup tanpa aki tapi lampu dan sen tidak dapat berfungsi semestinya. Kemudian coba pakai capasitor Elko menggantikan aki, semua mode pada motor bekerja lebih setabil lampu tidak berkedip, dan lampu sen bisa berkidip dengan normal.

Kesimpulan

Kesimpulanya yaitu Capasitor bank bisa berfungsi, tapi hanya sebagai pembantu aki dalam menstabil tegangan. Kemudian juga berguna untuk membantu aki ketika strarter dinyalakan. Maka ini dapat menjadi pembantu dalam starting sehingga aki akan lebih awet.

Mungkin pada beberapa merek motor sekarang sudah memakai capasitor bank untuk membantu aki, contohnya di honda verza dan honda CB 150.

Tips Memakai Elko Sebagai Capasitor Bank

Ada yang harus kamu perhatikan jika mau menambahkan capasitor bank pada motor. Utamanya yaitu tentang keamanana listri dari sepeda motor karena bila sampai terjadi konsleting akan berakibat fatal dibeberapa fitur elektronik di dalam motor. Berikut beberapa yang harus di perhatikan ketika menerapkan capasitor bank dimotor:

  • Gunakan kabel serabut yang memiliki isolator tebal.
  • Pastikan sambungan antara Elko dan kabel tertutup sempurna supaya tidak terjadi kebocoran.
  • Supaya berfungsi dengan baik pilih Elko yang berkualitas. Ada banyak jenis Elko, semakin mahal harga Elko biasanya semakin bagus, kamu bisa mencari refrensi Elko apa yang berkualitas. Ukuran yang wajar dipakai untuk capasitor bank biasnya memakai 000 uf. Elco ini biasanya di dalam elektronika dipakai untuk power sauplay pada power amplifier. Untuk voltase maksimal Elco 35 hingga 50volt.
  • Pemasangan Elko tidak boleh terbalik karena bisa berakibat Elko rusak dan bisa meledak, kamu perlu mengetahui mana kaki positif dan mana kaki negatifnya.

Demikian informasi yang solderpanas sampaikan tentang Fungsi Kapasitor Bank Pada Motor Menghemat Aki, Benarkah?. Bila bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Check Also

Cara Menambah TEF SOCL 504

Cara Menambah TEF SOCL 504

Cara Menambah TEF SOCL 504 – Kali ini saya akan memberi taukan cara menambah driver …