Servis TV Mode AV Tidak Berfungsi

Servis TV Mode AV Tidak Berfungsi

Servis TV Mode AV Tidak Berfungsi – Kerusakan TV yang mode AV tidak berfungsi. Gejalanya yaitu tidak bisa menampilkan gambar input, padahal input normal pada saat dicoba pada TV lain.

Selain tidak bisa menampilkan input video, terkadang gambar bergelombang, mode AV tidak bisa muncul, atau mode AV muncul tetapi gambar tidak bisa muncul.

Nah sekarang kita akan membahas secara mendalam apa yang harus dilakukan pada saat mendapatkan kerusakan seperti ini.

Servis TV Mode AV Tidak Berfungsi

Berikut cara memperbaiki TV yang mode AV nya tidak berfungsi :

Gambar Bergelombang Dibagian Tengah

Pertama sebelum membuka TV, coba ganti kabel RCA dengan kabel RCA yang lainya. Jangan lupa untuk mencobanya diperangkat lain misal receiver atau DVD.

Bila sudah dipastikan tidak ada masalah di sumber input baru kemudian buka TV. Kerusakan AV bergelombang dan tidak bisa menerima sinyal input video dengan sempurna. Biasanya karena kurangnya tegangan penyuplay IC input video. Atau juga kadang disebabkan karena molornya resistor pembatas di bagian input AV. Biasanya kalau saya menangani masalah ini dengan mengganti Elco input yang berukuran 0,47uf50v.

Mode AV Tidak Ada

Beberapa kasus kadang juga terjadi mode AV tidak ada, meski sudah dipencet diremot berkali kali. Penyebab paling sering adalah karena rusaknya IC memori.

Kasus ini sering terjadi di TV Polytron keluaran baru U – slim series. Untuk mengatasi ini perlu mengganti IC memori di TV yang sudah diisi program dari memori Polytron.

Dianjurkan untuk memakai IC memori bekas dari TV Polytron lain yang sejenis atau memiliki program sama sama slim itu biasanya bisa.

Mode AV Ada Tapi Tidak Berfungsi

Kerusakan ini disebabkan karena IC jungle. Tapi sebelum memastikan IC jungle ini rusak, pastikan periksa dulu komponen yang bekerja di bagai input. Misalnya yang memakai IC AV.

Cara memastikan IC jungle itu rusak yaitu dengan mencari data site yang berfungsi sebagai input video. Setelah ketemu cobalah nyalakan TV dan sentuh di pin yang berfungsi sebagai input video.

Bila ada reaksi getaran pada layar, berarti IC jungle dalam keadaan baik. Kerusakan mungkin terjadi pada komponen pendukung misal resistor pembatas, Elco input, dan IC video AV. Tapi bila tidak ada respon pada layar, dipastikan IC jungle rusak.

(Agar mencari jalur input AV lebih mudah maka coba urutkan dari soket RCA atau mencari kaki input AC di IC croma).

Demikian informasi yang kami sampaikan tentang Servis TV Mode AV Tidak Berfungsi, jika bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Check Also

Cara Merawat TV LED agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat TV LED agar Tidak Cepat Rusak

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, semakin banyak bermunculan produk-produk elektronik baru yang tentunya sudah semakin …

Leave a Reply

Your email address will not be published.