Cara Menghilangkan Dengung dan Nois Power Ampli OCL

Cara Menghilangkan Dengung dan Nois Power Ampli OCL

Cara Menghilangkan Dengung dan Nois Power Amplifier OCL – Ada banyak macam jenis ampli OCL, Misal yang sedang buming yaitu Super OCL 504, OCL 140 watt dan lainnya biasanya jenis OCL yang di modifikasi bridge atau BTL.

Hubungan jenis ampli OCL masih memiliki cara kerja dan jenis kerusakan yang sama. Dengung dan noise biasanya terjadi pada OCL ketika sudah dirakit dan sudah dipakai beberapa waktu.

Power amplifier OCL banyak dipakai karena jenis power ini sangat mudah untuk dipahami sistem kerjanya dan harga yang cenderung ekonomis bagi penghobi audio. Mudah dipahaminya, sehingga pada saat terjadi kerusakan atau dengung dan nois sangat mudah untuk diperbaiki. Terlepas kadang Jenis KIT nya yang kurang berkualitas. Misalnya semua komponen yang dipakai di KIT hanya memakai komponen biasa terutama pada resistor dan transistor yang dipakai.

Kerusakan dan gangguan audio pada saat setelah dirakit dan kerusakan power ampli ada beberapa macam yakni:

  • Power ampli hanya dengung
  • Power amplifier bekerja normal ada suara tapi ada dengung dan desis.

Kedua permasalahan ini sangat sederhana dan tapi kadang membingungkan ketika KIT OCL  yang dipakai tidak berkualitas. Maka sebelum rekan kecewa dihasil perakitan maka yang paling terpenting pertama yaitu pemilihan kualitas KIT OCL yang akan dipakai. Dari mulai PCB yang dipakai sampai dengan resistor biru dan transistor ST asli. PCB sangat penting karena pada beberapa kejadian yang disebabkan oleh PCB mengelupas mengakibatkan ada komponen yang tidak bekerja.

Cara Menghilangkan Dengung dan Nois Power Ampli OCL

Cara menghilangkan dengung ampli paling penting mengetahui kerusakan yaitu penyebabnya, kemudian baru cara penanganannya. Karena itu saya akan membagikan beberapa penyebab yang biasanya dialami oleh amplifier berdasaran pengalaman yang saya alami. Benar dan salahnya tergantung pada praktek. Gangguan dengung dan nois biasanya masih sama sehingga saya hanya membahas dengung saja.

Penyebab Amplifier OCL Dengung

Gejela dari amplifier yang mendengung terdapat 2 gejala diantaranya:

  1. Amplifier dengung dan tidak ada suara dari input
  2. Amplifier mendengung tapi masih ada suara

Dari kedua gejala dengung amplifier tersebut memiliki perbedaan ketika menanganinya.

Power Amplifier OCL Dengan Gejala Hanya Dengung Saja Tanpa Adanya Suara Input

Gejala ini diindikasikan kerusakan pada power amplifier. Tapi kadang hanya terjadi pada kesalahan input. Supaya lebih yakin memastikan kerusakan ampli yakni dengan cara mengukur tegangan output pada amplifier.

Ukur output amplifier dengan memakai DCv meter 50 volt DC. Bila terukur ada output DC yang terlalu besar kemungkinan kerusakan dikarenakan out speaker ada keluaran DC volt.

Apa hubungannya amplif denung dengan output ampli yang terdapat arus DC?.

Arus DC pada power amplifier seharusnya tidak keluar pada out speaker. Karena normalnya output amplifier yaitu hanya mempunyai arus ACV. Jadi bila muncul Arus DC bisa meyebabkan amplifier dengung tanpa ada suara. Terlebih lagi Arus DC adalah Musuh speaker. Speaker akan terbakar bila dialiri arus DC. Tanda yang paling sering ketika ada arus DC yaitu speaker hanya dengung tanpa ada suara input.

Kebanyakan yang mengalami keruskan semacam ini yaitu amplifier jenis OCL. Kerusakan yang paling sering terjadi yaitu rusaknya transistor final atau kerusakan pada driver.

Pada power Super OCL 504 mempunyai setting DCo. Yang berfungsi untuk mengatur besarnya arus DC yang mengalir ke output amplifier. Bila rekan menemukan arus DC pada amplifier SOCL 504, coba setting VR DCO nya. Sebelum memastikan terjadinya kerusakan pada transistor final.

Pada amplifier speaker aktif dengan jenis OCL 150 watt, mempunyai gejala hanya dengung tanpa ada suara itu biasanya jelas terjadi karena adanya kerusakan pada amplifier terutama di transistor final yang menggunakan transistor 41 42C.

Amplifier Mendengung Namun Masih Ada Suara (Gangguan Dengung Dan Nois)

Permasalahan dengung kali ini sering mengganggu hasil dari produksi audio amplifier. Entah kadang lebih besar dari suara yang hasil penguatan ampli atau hanya mengganggu sedikit ketika input diam atau hanya mengganggu tapi masih besar suara hasil dari penguatan perangkat ampli.

Gangguan audio semacam ini dikarenakan oleh 2 hal yaitu:

  • Sumber input
  • Grounding

Sumber input

Pertama yang saya bahas tentang sumber input. Kita tahu bahwa fungsi amplifier audio yaitu sebagai penguat sinyal dari sumber input yang dikuatkan oleh amplifier akan disuplay ke speaker. Jadi bila sumber input bermasalah kemungkinan besar akan diperkuat oleh amplifier. Sebab itu sumber input perlu perhatian khusus, pertama bila menemukan gejala suara dari amplifier mendengung.

Sumber input bermasalah biasanya disebabkan karena berbagai hal misalnya kabel yang kurang berkualitas atau memang sumber input yang bermasalah.

Cara Menghilangkan Dengung Amplifier OCL Yang Memakai Tone Control Satu Box Dengan Power

Bila memakai tone control dalam satu box dengan amplifier biasanya sering terjadi dengung dan noise, berikut cara mengatasinya:

  • Cobalah melepas input amplifier, sehingga amplifier dalam kondisi netral terhadap input.
  • Dengarkan apakah terdapat suara dengung dispeaker?, Bila tidak ada dengungan berarti masalah pada tone control.
  • Tone control dipasaran ada berbagai macam fitur, yang paling rentan dengan suara dengung yaitu tone control yang memiliki fitur subwover. Tone Control ini tidak boleh sembarangan dalam merakitnya. Apabila asal akan mengakibatkan suara dengung. Biasanya tone kontrol jenis subwoover sangat sensistif dengan tegangan yang dipakai untuk splay tone control.
  • Ada yang menyarankan bila tone control dijadikan satu dalam box amplifier, salah satu caranya dengan memakai suplay tersendiri. Dengan kata lain suplay tidak menjadi satu dengan power ampli. Ini biasanya akan meminimalisir dengung audio. Tapi bila memang rekan memakai trafo yang berkualitas ini tidak akan menjadi masalah. kemungkinan akan terjadi dengung meski kemungkinannya sedikit.
  • Pakai IC stabilizer misalnya rekan memakai suplay 15 volt pada tone control pakai IC 7815 supaya tegangan tidak naik turun.
  • Pastikan body potensio terhubung dengan ground, terutama dibagian Bass dan Volume.

Meski body potensio sudah terhubung dengan box besi, tapi kadang dengan cara mensolder kabel pada body potensio secara langsung yang dihubungkan ke ground ampli akan lebih efektif dibandingkan hanya menempelkannya pada box amplifier.

Grounding Amplifer Rakitan

Grounding yang tidak maksimal sangat berpengaruh dengan gangguan amplifier. Hal ini berhubungan dengan saat merakit amplifier. Selain dari perakitan kadang hal ini juga disebabkan karena bagian external dari amplifier.

Cara menghilangkan dengung amplifier dan penyebabnya:

  • Kabel yang berkualitas akan menentukan hasil dari performa perangkat dan masalah gangguan audio. Terutama dibagian input, pakai kabel heat untuk menghubungkan input audio. kabel heat memang dirancang untuk audio karena kabel ini dibagian negative dirancang untuk melindungi positif supaya terhindar dari gangguan frekuensi liar.
  • Box amplifier sangat berpengaruh ini jelas berbeda dengan memakai box kayu dengan yang memakai box besi. Karena bila memakai box kayu maka ground dirakitan amplifier tidak terlindungi dengan maksimal. Alasannya disistem grounding box amplifier yaitu untuk melindung gangguan frekuensi dari luar.
  • Menyambungkan grounding langsung ke trafo bukanlah pilihan yang tepat. Pada beberapa kejadian ada trafo yang bermasalah. Bila titik ground dipusatkan di CT trafo maka kemungkinan dengung akan masih muncul. Yang bagus untuk memilih titik grounding supaya dihubungkan dengan box amplifier dan juga potensio yaitu ground yang sudah masuk dalam rangkaian amplifier atau titik terjauh dari ground sendiri.
  • Bila menemui dengung ketika di lapangan jalan alternatifnya yaitu dengan cukup ground perangkat ditanam ke tanah memakai kabel. Mungkin bisa meringankan sekitar 0,5 persen kinerja dari ground. Atau juga bisa dengan mencoba membalik phase streker pada ampli yang mendengung, ini biasanya efektif bila yang bermasalah yaitu trafo dari amplifier. Membalik colokan listirk amplifier.

Memakai ampli rakitan hendaknya memakai komponen yang berkualitas. Selain itu sistem grounding pada amplifier sangat berpengaruh.

Trafo dengan murah terkadang menjadi penyebab amplifier dengung dan muncul gangguan audio lainnya. Hal ini pernah saya alami ketika merakit amplifier jenis OCL. Dengan memakai trafo matahari muncul suara dengung. Tapi ketika trafo diganti ternyata amplifier aman. Ini pentingnya bagi pemula yang sedang merakit amplifier yang bisa jadi penyebab amplifier berdengung adalah trafo.

Kunci supaya berhasil dilapangan memakai ampli rakitan supaya tidak terganggu dengan dengung yaitu dengan menginstal amplifier dengan baik. Yaitu dengan perancangan KIT terhadap guncangan ketika dibawa, karena terkadang perakitan KIT dengan body atau box yang kurang kuat akan bermasalah ketika terguncuang.

Pemakaian soket input yang berkualitas berperan penting untuk menghindari dari dengung dan noise amplifier. Satu saja yang bermasalah akan mengakibatkan kepusingan pikiran saat dilapangan.

Kata Penutup

Demikian informasi yang solderpanas sampaikan tentang Cara Menghilangkan Dengung dan Nois Power Ampli OCL. Bila bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Check Also

Fungsi Output 100v Pada Amplifier TOA

Fungsi Output 100v Pada Amplifier TOA

Fungsi Output 100v Pada Amplifier TOA – Output amplifier TOA ada fitur 100V. Apakah kegunaan …