Cara Mengatasi Mixer Audio Rakitan Berdengung

Cara Mengatasi Mixer Audio Rakitan Berdengung

Cara Mengatasi Mixer Audio Rakitan Berdengung – Menurut pengalaman saya, Merakit audio mixer seringkali ditemukan kendala cacat output, berupa dengung dan nois. Mungkin rekan juga pernah mengalami atau sedang mengalami hal ini. Oleh karena itu saya ingin membagiakan tentang bagaimana menangani mixer rakitan dengan gangguan dengung dan nois.

Perangkat audio mixer sangat penting untuk menghasilkan suara dari input, untuk kemudian masuk ke penguat audio lainnya. Nah bila dari mixer sudah menglami gangguan akan semakin diperkuat, gangguan pun akan semakin besar. Memang tidak selamanya ketika kita merakit tidak serta merta selalu berhasil membuat perangkat yang bagus.

Hal ini sering saya temukan ketika telah menyelesaikan perakitan perangkat dan mengetestnya ternyata hasilnya kadang mengecewakan.

Gejala sering dialami yaitu :

  • Ketika dimasukan input gain dibuka sedikit saja sudah ada dengungan.
  • Kadang bahkan, baru dinyalakan dan belum dikasih input sudah berdengung.
  • Potensio bass di arah jam 12 sudah mendengung.
  • Nois muncul di nada tinggi atau trible.

Itu hampir terjadi pada jenis KIT yang sama, dengan merek yang berbeda. Lantas apa yang menyebabkan semua itu?.

Cara Mengatasi Mixer Audio Rakitan Berdengung

Berikut merupakan poin poin penting yang harus dibenahi supaya suara mixer tidak ada gangguan dengung lagi.

Power Suplay

Yang perlu diperhatikan pertama ketika merakit mixer adalah penggunaan power suplay. Biasanya mixer rakitan memakai tegangan CT15 volt DC, artinya bila lebih tinggi dari 15volt bisa mengakibatkan ada komponen akan mati. Nah kekurangan tegangan malah tidak berbunyi. Tapi tegangan 12volt masih dapat bekerja, dengan syarat stabil tanpa drop.

Pre AMP mic jenis MIXER biasanya memakai tegangan simetris atau memakai CT.  Oleh karena itu ketika merakit power suplay perlu memakai rangakian pensetabil dengan tegangan 15 volt simetris. Atau rekan juga dapat membeli rangkaian yang sudah jadi sekitar 20 ribu rupiah.

Pada poin ini yang harus diperhatikan atau penyebab gangguna audio yaitu masalah grounding tegangan.

Grounding bekerja untuk menyeimbangkan kinerja tegangan simetris dan juga melindungi kinerja audio dari gangguan luar atau dalam. Sehingga penting sekali memakai box besi supaya bisa tersambung dengan ground.

Tegangan harus stabil, misal kita memakai lebih dari satu KIT maka arus yang dibutuhkan akan semakin besar. Bila arus tidak memenuhi biasanya akan terjadi ganggua pada output.

Usahakan trafo tidak dalam satu box bersama mixer KIT. Karena induksi dari trafo akan mengganggu kinerja dari mixer terutama trafo yang ditempatkan berdekat dengan input atau output dibagian mixer. Maka dari itu bila kita melihat mixer build up pasti power suplay ditempatkan diluar box alias terpisah dengan box. Ini tujuanya supaya terhindar dari sinyal radiasi trafo atau SMPS.

Komponen Mixer

Kualitas suara dari mixer ditentukan dari komponen yang dipakai. Bila memakai komponen berkualitas rendah akan terjadi kecacat audio. Contohnya yaitu potensi yang dipakai pada mixer memakai yang berkualitas rendah maka akan mudah terjadi gangguan nois ketika potensio diputar.

Sistem instalasi

Pada bagian ini yang harus diperhatikan adalah di bagian box dan kabel yang dipakai. Pada bagian kabel input pakai kabel yang terlindung ground, atau sering disebut kabel HET. Pemakaian kabel input ini penting karena dari sinilah sumber sinyal berasal. Bila dari input sudah bermasalah kemudian diperkuat di pre AM mic maka gangguan akan semakin besar.

Kerika pertama kali dirangkai hendaknya coba satu per satu supaya nanti tidak repot ketika ada salah satu komponen yang bermasalah.

Bila sedang berada diproses perakitan menemukan kendala suara mendengung, maka yang meski diperhatikan yaitu bagaimana karakteristik dari KIT yang dipakai. Karena dibeberapa jenis KIT ada yang sensitif terhadap fekuensi luar maka harus digrounding ekstra dibody potensio. Bukan hanya dibox mixer saja, tapi langsung disolder dibody potensio kemudian langsung disambung ke CT atau 0 secara langsung.

Potensio yang harus diground yaitu pada bagian gain dan bass. Gain menentukan kualitas suara, sedangkan dibagian bass akan cenderung mempunyai karater sub tapi memunculkan hum.

Pakai kabel HET pada bagian input dan output. Pastikan dipagian masing masing soket memakai ground,

Bila mixer dengungan terjadi disuatu tempat atau terjadi disuatu acara, bisa melakukan grounding dibody mixer ditanam kedalam tanah memakai kabel. Kemudian selain itu juga dapat memakai cara membalik colokan kabel AC220, karena bisa jadi arah arus bermasalah karena trafo yang tidak sempurna.

Kata Penutup

Demikian informasi yang solderpanas sampaikan tentang Cara Mengatasi Mixer Audio Rakitan Berdengung. Bila informasi yang dibagikan bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.