Merakit PSU 12Volt Memakai IC LA7812

Merakit PSU 12Volt Memakai IC LA7812 (Khusus Pemula)

Merakit Power Supply 12 Volt Memakai IC LA7812 (Khusus Pemula) – Merakit PSU 12Volt Memakai IC LA7812 adalah pelajaran paling dasar dari elektronika. Bermacam aspek dalam elektronika berhubungan erat dengan power supply. Bahkan semua perangkat elektronika memakainya.

Dulu waktu saya sekolah elektronik, dasar pelajaran yang diberikan oleh guru saya yaitu power supply. Setelah mempelajari simbol koponen elekronika. Dan komponen elektronika yang pertama kali saya rakit yaitu power supply 12 Volt memakai IC LA7812 model dioda bridge. Waktu saya merakit Power Supply saya mengalami kegagalan beberapa kali karena belum benar benar paham.

Itu sedikit cerita waktu saya masih belajar dulu. Sekarang saya akan berbagi ilmu dengan rekan para pemula yang mau belajar bersama penglaman yang pernah saya alami.

Merakit PSU 12Volt Memakai IC LA7812

Perlu rekan tahu bahwa merakit komponen menjadi satu rangkaian membutuhkan ketrampilan dan pemahaman tentang simbol simbol rangkaian. Maka dari itu saya menyarankan rekan untuk mempelajari tentang simbol dari komponen yang ingin rekan rakit. Misal yang sekarang kita bahas yaitu power supply 12volt memakai IC 7812, maka komponen yang kita pakai yaitu sebagai berikut:

Bahan :

  • Dioda, yang berfugi sebagai penyearah arus AC menjadi positif (+) dan negatif (-). Simbol komponen dalam skema ditulis D.
  • Trafo ukuran disesuikan kebutuhan berapa Watt. Di dalam rangkaian lilitan trafo ditulis L
  • Elco 1000 uf/25 volt dan 470uf/16 volt, sering disingkal C.
  • PCB polos tempat atau media untuk membuat rangkaian. Bisa memakai pcb titik atau langsung digandeng.
  • Kabel secukupnya, untuk penghubung input dan output.
  • IC LA7812 sebagai pensetabil tegangan 12volt DC.

Sebagai Peralatan Membuat Rekan Persiapkan Alat Berupa:

Soldir, Timah (Tenol atau Tinol), Atraktor, Cutter sebagai pembentukan jalur dalam PCB. Atau bisa juga memakai larutan kimia feryclorida dengan menggambarnya, Bor listrik mini untuk melubangi PCB polos. Alternatife bisa memakai PCB titik.

Cara Merakit Power Suplay 12 Volt

Pertama kita perlu menggambar jalur PCB pada kertas sesuai dengan skema power supply bridge seperti gambar berikut ini:

Menyusun tata ketak komponen sesuai jalur pada skema gambar pada kertas. Kemudian lubangi PCB dengan bor mini sesuai gambar tata letak jalur yang rekan inginkan. Setelah di edit selanjutnya pembuatan jalur. Pembuatan jalur terdapat dua pilihan yaitu memakai cutter untuk membuat jalur dan memakai larutan kimia fericlorida untuk melarutkan tembaga PCB.

Cara Membuat Skema PCB Menggunakn Cutter

Memakai cutter memang lebih aman dibandingkan memakai larutan feri klorida. Kelebihanya lebih mudah didapat dan mudah dilakukan serta aman untuk diri kita.

Kekuranganya yaitu lebih pengerjaanya memakan waktu cukup lama. Karena memakai cutter perlu menggores PCB sesuai gambar yang telah kita buat dengan teliti.

Memakai Larutan Feri Klorid

Membuat jalur PCB memakai feri Klorid adalah kegiatan yang penuh kehati hatian. Mengapa begitu?, karena dalam proses pembuatanya sangat ribet dan juga mencari bahan ini sangat sulit. Menggambarnya dengan memakai spidol waterproof atau memakai sablon.

Setelah Selesai Membuat Jalur PCB

Langkah selanjutnya adalah dengan memasang komponen ke PCB. Yang perlu dingat yakni pemasangan Elco jangan sampai terbalik, karena akan berakibat fatal bila lupa. Pemasangan IC juga jangan sampai terbalik, kaki secara berurutan 1 – 2 – 3. Kaki 1 berfungsi sebagai input, kaki 2 (tengah) terhubung dengan ground negatif (-), dan kaki 3 out 12volt positif (+).

Satukan memakai timah sesuai dengan skema power supply 12volt memakai IC 3 kaki LA7812.

Test dengan Volt Meter DC, tegangan harus 12V DC, jika kurang berarti belum berhasil. Ini biasanya karena IC mengalami short atau tegangan pensupply IC dibagian input kaki 1 pada IC 7812 ke kurang supply.

(Usahakan sebelum input atau kaki pertama pada 7812 harus disupply lebih dari 12 Volt untuk mendukung kerja IC lebih maksimal).

Kesimpulan Dalam Percobaan Kali Ini Adalah :

  1. Bahwa fungsi IC LA7812 yaitu sebagai pensetabil tegangan 12 Volt.
  2. Kerja IC LA7812 yaitu menahan lonjakan tegangan sampai 25 volt.
  3. IC LA7812 akan bekerja maksimal bila disupply lebih dari 12 Volt DC.
  4. Cara ini bisa diaplikasikan ke beberapa tegangan yang memakai IC 78xx series.

Demikian informasi yang solderpanas sampaikan tentang Merakit Power Supply 12 Volt Memakai IC LA7812 (Khusus Pemula). Bila informasi ini bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.