Cara Mengatasi TV China Yang Tegangan IC Vertikal Naik

Cara Mengatasi TV China Yang Tegangan IC Vertikal Naik

Cara Mengatasi TV China Yang Tegangan IC Vertikal Naik – Jika terjadi tegangan pada TV China supply IC vertikal naik melebihi 30V akan menyebabkan IC vertikal terus jebol. Dalam kasus kerusakan seperti ini tentu pada TV China berbeda. Dengan pembahasan dengan cara mengatasi TV Polytron yang tegangan IC vertikal over.

Pada TV China tegangan vertikal yang dipakai bukan system simetris hanya catu daya tunggal yang berasal dari output power supply. Sedangkan tegangan IC vertikal di TV Polytron memakai tegangan dari out flyback.

Cara Mengatasi TV China Yang Tegangan IC Vertikal Naik

Biasanya tegangan IC vertikal naik di TV China terjadi saat tegangan B+ 115V terukur normal. Tapi hanya terjadi ditegangan 27V sebagai pensupply IC vertikal saja yang naik. Sehingga untuk menurunkan tegangan vertikal terkadang mendapati kesulitan.

Membuat tegangan alternatif

Dari kerusakan sebelumnya vertikal naik terjadi bila yang lain ikut mengalami over juga. Jika yang terjadi hanya vertikal saja maka menurunkan tegangan vertikal yang naik ini sedikit rumit. Jika tidak menemukan jalan keluarnya kita perlu membuat satu tegangan alternatif untuk supply IC vertikal.

Dari mana tegangan alternative ini?, sekaran  kita akan membahas di artikel ini .

Harus rekan ketahui sebelum memutuskan membuat tegangan alternatif ada beberapa hal yang harus dipahami.

  1. Pastikan tegangan lainnya normal.
  2. Saat memutuskan membuat tegangan alternatif, rekan perlu memutuskan resistor pembatas atau fuse yang menuju ke IC vertikal. Biasanya berukuran 0,5 sampai 1 ohm jika tidak ada resistor fuse biasanya memakai jumper. Tapi bukan berarti mematikan tegangan tersebut karena tegangan tersebut harus mensupply area lain yakni driver horisontal. Rekan hanya cukup mengambil dibagian resistor pembatas atau fuse tersebut.
Baca Juga :  Memperbaiki TV china Layar Menciut Saat Panas

Alat Dan Bahan Yang Dipakai Yaitu

Cara Kerja:

Lilitkan kabel dari ground ke farrit di flyback searah jarum jam. Untuk lebih jelasnya rekan dapat melihat gambar berikut.

https://www.soldiradem.com/

Untuk jumlah lilitan sekitar 6 hingga 7 lilitan nantinya sebelum disambung ke IC vertical. Lebih baik diperisa kemudian baru setelah tegangan mendekati 27V bisa langsung dipasang. Bila tegangan terlalu besar kurangi jumlah lilitan begitu juga sebaliknya.

Pemakaian cara ini merupakan hanyalah pilihan jika memang tidak bisa menemukan penyebab TV China tegangan vcc IC vertikal naik atau over.

Kata Penutup

Demikian informasi yang solderpanas sampaikan tentang Cara Mengatasi TV China Tegangan IC Vertikal Naik. Jika informasi inibermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.