Cara Memperbaiki Lampu filamen TV Dan Penyebabnya

Cara Memperbaiki Lampu filamen TV Dan Penyebabnya

Cara Memperbaiki Lampu filamen Dan Penyebabnya – Kali ini kita akan membahas TV tabung dengan kerusakan Lampu filamen yang tidak menyala. Mengakibatkan TV tidak ada gambarnya tapi ada suara.

Sebelum lebih lanjut kita pahami dulu konteks dari filamen tidak menyala.

  • Apa filamen tidak menyala namun TV normal?.
  • Apa TV hanya standbay?.
  • Atau bahkan TV mengalami protek?.

Tentu setiap merek TV mempunyai konsep yang berbeda beda. Kecuali pada TV China yang sering mengalami kerusakan pada filamen mati tapi suaranya normal.

Sedangkan TV seperti SHARP, saat bermasalah pada filamen dapat ditandai dengan TV mengalami kerusakan protek.

Setelah mengidentifikasi kerusakan secara lebih jelas kita akan mencoba merefrensikan. Beberapa kerusakan lampu filament tabung yang tidak menyala dengan merek yang berbeda.

Ada yang bilang saat filamen TV tabung tidak menyala menandakan ada kerusakan pada tabung gambar. Jika seperti ini maka kerusakan pada TV tabung tidak dapat di perbaiki.

Tapi sebelum memutuskan untuk meperkirakan kerusakan tabung perhatikan langkah yang perlu di tempuh. Dengan mencari penyebab TV tabung filament tidak menyala.

Pada poin ini kita akan lebih mendalam membahas tentang TV China. Karena pada TV China sangat sering mengalami hal ini. Tapi cara ini juga bisa di pakai untuk TV lain seperti polytron, SHARP, LG dan lainnya. Tentunya berbeda jalur jadi rekan perlu paham jalur heater.

Penyebab Lampu Filamen Tidak Menyala 

  1. Kerusakan Pada Flyback 

Kerusakan ini di tandai dengan flyback bisa start tapi tegangan heater tidak ada. Itu dapat di artikan flyback rusak. Salah satu alternatif untuk memunculkan tegangan heater yaitu memakai tegangan suntikan. Artinya kita akan memutus jalur dari out flyback kemudian memakai lilitan sendiri untuk menciptakan tegangan 4 hingga 5 volt AC.

  1. Kerusakan Soket 

Soket juga bisa mempengaruhi kinerja tegangan heater. Heater bisa mati karena tegangan tidak sampai ke pin heater. Maka bersihkan soket. Tapi sebelum memutuskan kerusakan pada soket rekan seharusnya mengukur tegangan pada pin heater. Karena bila sudah terlanjur mengganti soket, ternyata memang tegangan heater tidak ada maka ini akan sia-sia.

  1. Kerusakan Resistor 

Resistor fuse juga bisa kita sebut resistor pembatas untuk heater. Kadang resistor ini akan molor nilainya ke lebih tinggi sehingga menyebabkan resistor ini menghambat arus ke heater. Kadang saat di ukur resistor ini dalam kedaan dingin resistor ini normal. Tapi saat dipakai untuk menghantar arus menjadi molor. Untuk mencobanya rekan dapat menghubungkan heater langsung tanpa resistor. Apakah aman?, menurut pengalaman saya pribadi ini aman selama teganga dari heater tidak over lebih 8 volt AC.

Berapa Tegangan Heater Ketika Normal? 

Seharusnya tegangan normal antara 4 sampai 5V AC. Tapi kadang ketika terjadi masalah saat tegangan di baypass tegangan ini bisa normal, tapi saat di pasang ke beban menjadi 0V. Mungkin arus yang di hantarkan terlalu lemah sehingga tidak sanggup menangani daya dari heater yang di supply. Maka dari itu, penting untuk memakai tegangan alternatif dengan cara membuat lilitan dari farrit flyback seperti yang di tunjukkan gambar berikut.

Gambar ini dapat dipakai untuk mengatasi tegangan heater yang tidak keluar atau juga bisa karena lemah.

Cara Memperbaiki Lampu filamen

Jika TV memakai sistem protek pada jalur filamen baiknya rekan melumpuhkan sistem protek pada TV supaya bisa mengukur tegangan filamen ketika TV menyala. Baru saat menemukan kerusakan tegangan yang drop maka memakai sistem diatas atau juga bisa dengan mengganti flyback.

Pastikan jalur dari output flyback diputus supaya lebih aman.

Jika memakai cara ini heater tidak menyala kemungkinan kerusakan ada pada filemen. Rusaknya filamen karena putus akibat tegangan filamen yang over.

Untuk memeriksa filamen rekan dapat memakai ohm meter. Cari pin heater 1 dan 2 biasanya terhubung pada jalur tegangan heater dan ground.

Akhir Kata

Demikian informasi yang solderpanas sampaikan tentang Cara Memperbaiki Lampu filamen Dan Penyebabnya. Jika informasi ini bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Check Also

Cara Merawat TV LED agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat TV LED agar Tidak Cepat Rusak

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, semakin banyak bermunculan produk-produk elektronik baru yang tentunya sudah semakin …

Leave a Reply

Your email address will not be published.