Cara Manfaatkan Trafo Bekas Dan R Kapur Jadi Inverator

Cara Manfaatkan Trafo Bekas Dan R Kapur Jadi Inverator – Inverator pada dasarnya di pakai untuk mengurangi starting up pada sebuah perangkat elektronik yang baru di hibupkan. Kebanyakan inverator di pakai supaya MBC PLN rumah kita tidak jeglek.

Inverator di pasaran sekarang banyak macam dan jenisnya. Dilihat dari harganya juga bermacam macam. Pada umumnya Masyarakat memilih inverator yang penting fungsinya dapat menahan supaya tidak jeglek dan memilih yang paling murah. Padahal setelah coba saya buka isi dalamnya hanyalah lilitan yang berbungkus semen. Memang sesederhana itu tapi berfungsi dengan baik. Itu yang harganya Kisaran 15 sampai 20 ribu.

Di lihat dari pemakaiannya. Inverator hanya di pakai sebagai penahan atau tahanan perangkat Elektronik yang memiliki starting up berdaya Watt diatas daya MBC rumah. Sebagai contoh TV tabung dan komputer atau bisa perangkat yang memakai AC matic atau SMPS.

Cara Manfaatkan Trafo Bekas Dan R Kapur Jadi Inverator

Kali ini kita akan membahas cara membuat inverator sederahana dari bahan yang mudah di temukan. Bahkan barang bekas elektronik yang tidak terpakai seperti resistor kapur, capasitor, kabel panjang, trafo, defleksi yoke TV, dan lainnya. Tapi tidak semua bagian dapat dipakai secara langsung kita harus memahami pemakaiannya terlebih dahulu untuk keamanan kita sendiri.

 Cara Memanfaatkan Trafo Bekas

Inverator yang memakai trafo bekas lah yang akan kita bahas mendalam pada artikel ini. Untuk menjadikan inverator dari tranformator yaitu lilitan output trfo, bukan yang 220. Ukuranya minimal 2A dan paling baik yang hambatanya 5 sampai 10 ohm. Kalau saya memanfaatkan trafo yang sudah tidak dapat di pakai lagi misal putus pada bagian lilitan 220nya.

Bahan yang di pakai sangat simple siapkan streker atau colokan, kabel, terminal, dan trafo.

Cara Membuat Inverator

Periksa lilitan trafo memakai ohm meter.

Solder kabel AC salah satu saja yang ke 0-25V. Supaya lebih jelas dapat melihat gambar di bawah.

Saat tes bisa memakai bor listrik untuk memastikan rangkaian inverator bisa bekerja dengan baik.

Demi keselamatan jika sudah selesai berilah isolator pada seluruh body trafo memakai lem bakar juga bisa.

Selain memakai trafo bisa juga memakai resistor kapur. Sekemanya seperti pada gambar berikut.

Kata Penutup

Jika informasi tentang Cara Manfatkan Trafo Bekas Dan R Kapur Jadi Inverator, bermanfaat silahkan bagikan dan terimakasih.

Check Also

Cara Menambah TEF SOCL 504

Cara Menambah TEF SOCL 504

Cara Menambah TEF SOCL 504 – Kali ini saya akan memberi taukan cara menambah driver …

Leave a Reply

Your email address will not be published.