Catatan TV Panasonic Protek

Catatan TV Panasonic Protek

Catatan TV Panasonic Protek – Saya mencatat beberapa masalah pada TV Panasonic dengan masalah TV standby dan protek.

Catatan TV Panasonic Protek

Berikut beberapa masalah yang pernah saya alami beberapa tahun ini. Saya rangkum menurut tipe dan permasalahan serta solusi.

TV Panasonic tipe TC21GX21J Protek

Gejala awal TV saat di hidupkan lampu merah berubah hijau. Setelah saya buka ternyata ada aroma komponen yang terbakar. Pertama yang saya lakukan yaitu memeriksa transistor horizontal D2499 yang mengalami short. Kemudian karena tercium aroma kas spoel yang terbakar. Kemudian saya membuka defleksi yoke yang ternyata terbakar di bagian dalam atau lilitan horizontal. Pantas saja transistor horizontal mengalami konlet.

Mengganti yoke dan transistor horizontal dengan hasil TV bisa menyala sebentar sekitar 5 detik lalu standby lagi. Ini berarti TV Panasonic mengalami protek. Tapi lampu indikator berbeda dengan awal bila tadi berubah warna tapi kali ini malah berkedip.

Pada tahap pemeriksaan ukuran tegangan ada yang tidak beres di pensupply tegangan vertikal AN5525 yang mengalami drop. Heatsink juga panas. Lalu IC vertikal mati.

Karena tidak ada gantinya saya mengganti dengan persamaan AN5525 yakni LA78045.

Setelah penggantian IC vertical, TV Panasonic ini tidak protek lagi alias normal. Tegangan dan juga suhu normal.

Jadi awal gejala standby karena konlet pada defleksi yoke horizontal yang berimbas pada transistor horisontal yang mengalami short. Lalu setelah mengganti defleksi yoke ternyata IC vertikal tidak cocok dengan defleksi yoke. Membuat IC vertikal mati berakibat pada TV panasonic protek.

Panasonic Quintrix

Gejala awal TV dinyalakan harus nunggu beberapa menit baru bisa start. Walau warrna lampu sudah berubah hijau, bisa dikatakan TV mengalami protek. Saya tidak tau karena tidak ada tanda terbakarnya komponen. Pin protek TV Panasonic juga saya belum tahu. Dan akhirnya ketemu di tegangan IC croma yang down membuat TV lama start. Tapi setelah menyala tegangan normal.

Lalu saya menciba mengganti elco filter out regulator 470 uf. Lalu pensolderan ulang pada area IC vertikal. Ternyata TV Panasonic quintrik yang semula protek bisa menyala dengan normal.

Kerusakan Protek TV Panasonic

Selain protek saya juga menemukan masala yang hampir sama dengan protek namuntapi lampu indikator standby tidak menyala. Ini karena STR W6654 yang setengah mati. Karena kadang TV menyala normal, dan kadang juga mati total setelah hitungan menit.

Kata Penutup

Itu saja Catatan TV Panasonic Protek, bagikan jika bermanfaat dan sekian terimakasih.

Check Also

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar TV Bergaris Horizontal

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar TV Bergaris Horizontal

Biasanya, penyebab layar tv bergaris secara horizontal dikarenakan pada bagian vertikal televisi tersebut telah mengalami …