Servis TV Akari Neo Clara Mati Standby

Servis TV Akari Neo Clara Mati Standby

Servis TV AKARI NEO CLARA IC-21US86CLR Mati Standby – Memperbaiki TV mengalami standby dapat di bilang lumayan sulit karena tegangan asli pada mode standbay sudah berubah. Disitu kadang bisa menipu kita ketika mengukur tegangan normal setiap TV berbeda beda. Kadang ada TV saat standby tegangannya masih tetap sama tapi ada juga yang sistem menurunkan output power supply secara terkontrol dari IC jungle atau CPU.

Servis TV kali ini saya dapatkan servis TV akari neo Clara kata pemilik TV gejalanya start Lama. Dalam beberapa hari kemudian TV mati standby.

Mendengar keluhan awal sangat penting untuk melakukan penangan TV hal ini kadang sepele tapi sangat penting untuk di lakukan supaya tidak diaknosa.

Setelah mendengarkan keluhan dari pemikik TV kemudian saya langsung memeriksa lebih lanjut.

Memperbaiki TV AKARI NEO CLARA Mati Standby

Pertama periksa tegangan IC croma. Karena TV dalam keadaan standby pengukuran di lakukan dengan cara menekan tombol power pada remot.

Bersamaa dengan mengukur tegangan pensupply IC OM8377 B 70AG normal. Kemudian coba mengukur tegangan osilasi horisontal pada out IC croma kaki 33 dan terukur 3V saja yang sebenarnya saya tidak tau berapa tegangan aslinya.

Bila di pahami tegangan ini berfungsi sebagai input basis horizontal. Tapi ada sedikit perubahan tegangan saat power di nyalakan dan ada sedikit suara reaksi dari flyback. Itu berarti TV akari dalam kondisi protek.

Mengingat pengalaman yang telah lalu TV protek berarti ada tegangan yang tidak normal. Lalu saya menangani TV protek ini dengan memakai sistim protek pada TV Polytron yakni terletak pada blok IC vertikal.

Benar saja setelah saya mencopot habis semua elco yang ada di area IC vertikal TV mau nyala normal. Setelah saya periksa ada elco yang kering tepatnya C306 ukuran470 uf atau 35V.

Jadi kesimpulan dari permasalahan ini TV akari yang mengalami standby terletak pada tegangan 24V yang mengalami drop pensupply IC vertikal. Sehingga TV tidak bisa start karena protek dari IC croma.

Akhir Kata

Itu saja tentang Servis TV AKARI NEO CLARA IC-21US86CLR Mati Standby silahkan bagikan jika bermanfaat dan sekian terimakasih.

Check Also

Cara Merawat TV LED agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat TV LED agar Tidak Cepat Rusak

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, semakin banyak bermunculan produk-produk elektronik baru yang tentunya sudah semakin …

Leave a Reply

Your email address will not be published.