Cara Memperbaiki Ampli OCL 150W Rusak

Cara Memperbaiki Ampli OCL 150W Rusak

Cara Memperbaiki Ampli OCL 150W Rusak – Kali ini kita akan membahas tentang cara memperbaiki ampli OCL 150W yang rusak.

Power OCL 150 sering mengalami berbagai kerusakan atau trobel mungkin karena kualitas komponen driver yang di pakai mempunyai kualitas rendah. Sehingga mudah rusak. Beberapa produk driver memiliki harga yang murah tapi mengesampingkan kualitas. Terutama pada transistor driver dan resistor yang di pakai.

Resistor dengan toleransi 5 persen bisa mengakibatkan hasil kualitas yang berbeda. Karena setiap selisih resistor bisa menghasilkan frekuensi berbeda dan arus yang berbeda juga.

Mungkin opsi memakai resistor toleransi yang lebih rendah misal 1 persen 2 persen bisa menjadi rekomendasi untuk menghasilkan kualitas audio yang berkualitas. Resistor biru dapat menjadi pilihan.

Transistor akan menentukan berapa volt yang bisa di tangani oleh ampli. Setiap seri transistor mempunyai daya maksimal karena itu driver yang baik pasti memperhitungkan maksimal voltase yang di pakai. Oleh komponen driver itu sendiri.

Selain driver itu sendiri, kerusakan dapat di karenakan faktor eksternal dari driver. Yaitu dari power supply dan transistor final yang di pakai mengalami kerusakan.

Cara Memperbaiki Ampli OCL 150W Rusak

Setelah mengetahui penyebab yang bisa memperngaruhi kerja driver OCL sekarang kita membahas bagaimana cara memperbaikinya. Jika terjadi kerusakan pada power ampli OCL.

Dalam memperbaiki OCL 150 kita perlu memahami beberapa blok bagian yang dapat menyebabkan OCL rusak.

Gejala yang dialami ampli OCL yaitu:

Transistor jebol terus, transistor driver jebol, resistor 330 gosong, Suara serak, dan resistor 100ohm terbakar.

  1. Power OCL 150 serak

Penyebab paling sering yaitu rusaknya transistor final, membuat tegangan DC masuk ke out speaker. Dari beberapa kejadian kerusakan akibat transistor driver terutama pada TIP 31 atau di bagian positif driver.

Dioda 4148 juga dapat menyebabkan suara ampli OCL serak. Biasanya saya memilih mengganti Dioda 4148 dengan Dioda 1A supaya lebih tahan lama. Terutama pada pemakaian ampli tegangan 32+ volt.

Serak terkadang juga dapat disebabkan karena resistor kapur 0,5 ohm 5W pada bagian emitor transistor final mungkin putus atau melar. Tandanya yaitu tidak ada tegangan DC yang masuk ke out spekaer.

Jika melihat gambar di atas bagian transistor D438 jika terjadi kerusakan akan menyebabkan arus DC masuk ke out speaker.

  1. Transistor jebol terus

Memakai ampli OCL dengan transistor final murahan dapat menjadi penyebab faktor utama. Mungkin karena over heat karena tegangan terlalu tinggi sampai transistor tidak kuat menahan arus. Transistor murah di peruntukan bagi pemakaian voltase yang rendah maksimal 25V.

Tapi dengan memakai transistor mahal pun bila memang ada kerusakan pada out speaker short akan menyebabkan hal yang sama. Mungkin karena speaker short sehingga dapat menyebabkan ampli OCL langsung mati.

Tips untuk rekan yang sedang merakit saat running tess jangan langsung memakai beban lebih baik test dulu. Apakah out speaker ada tegangan DC atau tidak jika ada tegangan DC, mungkin ada kesalahan ketika merakit ampli. Jika langsung di berikan beban akan menyebabkan transistor final langsung rusak.

  1. Resistor 100 ohm terbakar

Disebabkan karena rusaknya transistor driver op AMP biasanya memakai A733. Selain itu bisa juga karena transistor BD139 atau D438.

Jika rusak pada salah satu transistor dapat di ketahui dengan terbakarnya resistor 10k yang terhubung dengan transistor A733. Resistor ini berfungsi sebagai pembatas dari tengan power supply setelah melewati resistor 100 ohm.

Resistro 100 ohm juga dapat terbakar saat tegangan simetris tidak seimbang. Misal salah satu polaritas positif (+) atau negatif (-) tegangannya drop membuat resistor dengan tegangan normal akan langusang terbakar. Salah satu tegangan drop bisa karena elco power supply ada yang kering.

  1. Resistor 330 Atau 220 Gosong

Resistor ini akan terbakar bila transistor TIP 31/41, 32/42C rusak. Beberapa jenis merek OCL mempunyai jenis sistem yang berbeda. Pada pemakaian merek GM memakai resistor 270ohm sedangkan jenis lainnya memakai 220 ohm. Setelah tahu transistor driver rusak perlu wajib memeriksa dioda 4148 untuk memastikan bias nya normal.

  1. Arus DC di out Speaker

Arus DC yang langsung ke out speaker akan di sertai dengan gejala speaker dengung dan daun sepaeker maju tidak bergerak. Ini sangat berbahaya jika terus di nyalakan karena arus DC bisa membakar spoel di dalam speaker. Jika separah itu gejalanya transistro final pasti jebol antara colektro dan emitor membuat arus dari power supply langsung menuju out speaker. berbahaya lagi bila memakai transistor paralel karena akan merambart ke transistor lain bila running test dalam waktu lama dan tidak segera di hentikan.

  1. Power supply ampli

Seperti yang sudah di katakan di atas power supply ampli simetris bila tegangan tidak seimbang dapat menyebabkan cacat audio. Jika salah satu polaritas mengalmi drop yang parah bisa menyebabkan terbakarnya resistor 100 ohm. Ini sering terjadi bila memakai trafo 15A lebih bahkan 10A juga dapat mengalami hal ini bila salah satu tegangan tidak seimbang.

Sebagai contoh misal tegnagan 32V CT 32V pada bagian negatif ternyata terukur 20V saja. Ini akan berakibat fatal terutama pada output suara bisa jadi cacat saat volume rendah di bawah jam 9.

Akhir Kata

Itu saja tentang Cara Memperbaiki Ampli OCL 150W Rusak, sekian dan terimakasih.

Check Also

Cara Menambah TEF SOCL 504

Cara Menambah TEF SOCL 504

Cara Menambah TEF SOCL 504 – Kali ini saya akan memberi taukan cara menambah driver …