Penyebab TV Polytron Standby Lampu indikator Berkedip

Penyebab TV Polytron Standby Lampu indikator Berkedip

Penyebab TV Polytron Standby Lampu indikator Berkedip – Kali ini saya mendapatkan servisan TV Polytron 123 ukuran 14 inc, dengan gejala TV mati standby lalu lampu indikator berkedip. Apa yang menyebabkan hal ini, begitu pikiraku karena masih menebak nebak. Awalnya saya berpikir bahwa ini karena transistor horizontal mengalami short. Karena ketika di periksa tegangan B+ 115 volt juga ikut turun naik denga lampu indikator LED standby.

Penyebab TV Polytron Standby Lampu indikator Berkedip

Saya langsung menuju transistor horizontal yang ternyata setelah di periksa secara intensif, transistor ternyata normal. Lalu apa?, yang perlu dicurigai setelah pemeriksaan transistor horizontal yang ternyata norml ?. Lalu saya coba copot beban B+ yang ke flyback ternyata tegangannya normal dan tidak turun naik tetapi TV masih standbay. Kemudian saya curiga ke flyback yang jelas bermasalah. Setelah mengganti flyback dengan yang sama serinya dan baru, lalu pasang B+ tegangan masih naik turun.

Karena sedikit kesal saya tinggalkan TV tersebut dalam beberapa hari sambil menganalisa penyebab naik turunnya tegangan. Tiga hari kemudian saya mulai menemukan titik terang tentang masalah TV Polytron 123 dengan masalah lampu indikator yang berkedip.

Ini mungkin di luar dugaan karena stelah berpikir panjang ternyata masalahnya ada pada sistim AC Matic yang lemah membuat ketika diberi beban tegangan drop. Pemeriksaan lanjut pada sistim AC Matic yang tenyata capasitor pada bagian colector trasistor pembangkit AC Matic lemah dan perlu diganti.

Akhirnya penyelidikan saya dengan masalah TV Polytron mati standbay denga lampu indikator yang berkedip telah menemukan titik terang. Yang mana bahwa penyebab masalah ini adalah ragulator TV yang lemah maka wajib jika masalah standby bukan hanya pada blok horizontal saja tetapi juga mencakup pada factor tegangan sistem arus AC matic.

Sistem Kerja Mode Standbay

Kerja mode standby untuk menambah wawasan rekan saat kita memakai standby TV pin power akan mengeluarkan tegangan sebesar 5V. Dan tegangan ini di pakai untuk membias transistor supaya ON (transistor NPN), dan pada transistor ini akan me gruond ocsilator horizontal. Sedangkan output ocsilator horisontal dari IC terus running.

Karena itu rangkaian power horisontal tidak bekerja. Saat kondisi standby, semua fungsi yang ada di pin IC di MUTE semua. Dengan itu TV akan standby. Saat rekan menyalakan tombol power semua kondisi akan kembali. Video dan suara akan ON dan ground ocsilator horisontal di lepaskan maka TV akan memunculkan gambar dan suara.

Saat pin 5V power di lepas, seolah memaksa rangkaian horisontal untuk bekerja sedangkan signal video dan suara masih mute. Dengan begitu gambar dan suara tidak bisa dimunculkan.

Jika permasalahan susah start dan lampu indikator standby berkedip maka munkin tegangan yang kurang atau AC Matic tidak stabil.

Kata penutup

Itu saja tentang Penyebab TV Polytron Standby Lampu indikator Berkedip, sekian dan terimakasih.

Check Also

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar TV Bergaris Horizontal

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar TV Bergaris Horizontal

Biasanya, penyebab layar tv bergaris secara horizontal dikarenakan pada bagian vertikal televisi tersebut telah mengalami …