Cara MenanLayar TV CRT Blurgani

Cara MenanLayar TV CRT Blurgani

Cara Menangani Layar TV CRT Blur – TV tabung dengan masalah ketika pertama TV di hidupkan layar blur dan sedikit gelap atau buram alias tidak fokus tetapi jika sudah panas gambar akan jelas. Permasalahan ini di barengai dengan cop flyback yang bocor. Berikut ini saya akan membagikan penanganan yang saya lakukan tahab untuk rekan yang mungkin sekarang sedang mencari solusi masalah layar CRT blur.

Cara Menangani Layar TV CRT Blur

Berikut cara menangani layar TV CRT blur :

  1. Membersihkan Casis dari Debu

Pertama biasakan bila membuka casing TV kita pasti akan melihat kotornya mainbord TV. Sebelum menyentuh atau memeriksa ke bagian lainya kita wajib membersihkanya terlebih dahulu. Ini merupakan langkah awal yang baik karena kotoran dan debu akan sangat berpengaruh ke kinerja mainboard TV.

Kadang gambar blur juga bisa karena debu yang menempel di mesin TV terutama di soket RGB.

  1. Melihat, Memperhatikan Setiap Komponen Dan Solderan

Setelah mainboard terbebas debu dan kotoran kini lanjut ke pengamatan komponen. Apa ada yang terbakar atau elco yang mengembang. Terutama di elco filter 180V pensupply RGB ini rawan mengembang atau kering. Sehingga membuat tegangan 180V tidak maksimal.

Ciri kerusakan tegangan 180V video yaitu gambar menjadi buram. Kerusakan karena tegangan 180V drop. Kadang berasal dari tengangan pensuply fyback yang drop yakni 115V. Keadanya yaitu elco berkurang membuat output di sekunder flyback tidak maksimal.

Jangan lupa mengamati solderan di blok PCB RGB terutama pada TV merek China yag sering retak dan perlu di solder ulang. Periksa kabel fokus, coba buka apa ada kerak berwarna hijau penyebab putusnya kabel fokus.

  1. Penanganan

Pada tahab ini kita dapat memprediksi mana yang akan di eksekusi dahulu yang penting adalah fokus pada blok kerja tabung CRT. Berikut yaitu beberapa komponen yang sering menyebabkan layar CRT blur:

  • Soket CRT Berkarat

Ini sering terjadi di TV yang sudah lama atau TV yang berada di lingkungan lembap. Soket kadang sapat menipu kita, karna itu wajib ganti meski kondisinya masih bagus. Yang perlu diingat saat rekan melihat soket CRT benar benar berkarat, bersihkan pada besi katoda dan sedikit di amplas atau dibersihkan memakai pembersih anti karat.

  • Kabel Fokus

Kabel fokus yang terputus atau terjadi korosi di bagian solderan yang ada pada bagian dalam soket RGB. Letaknya di dalam soket CRT sehingga solderannys tidak terlihat. Pada TV China dapat di buka pada box soketnya, sedangkan pada TV jenis Polytron dapat di cabut pada bagian soket.

  • Elco pada B+180 Volt

Pensupply RGB kering, short silahkan periksa jangan mengamati dengan mata karena komponen ini sering menipu kita jika tidak teliti. Sebelum ganti elco pastikan dioda penyearah 180V kondisinya bagus. Kerusakan tegnagan 180V dapat juga menyebabkan gambar seperti klise dan warna bercampur.

  • Elco filter B+ 115 Volt

Juga jangan lupa dari pengecekan tegangan juga di periksa antara 110V hingga 115V untuk 14inc dan 120 max untuk TV berukuran 21 hingga 30 inc. Periksa elco bila kering dapat menjadi sumber penyebab kerusakan TV gambarnya buram.

  • Flyback Rusak

Ini jarang terjadi, di tandai dengan fokus adjuster yang tidak fungsi. Tetapi saya lebih memilih ini karena solusi terakhir saat telah mengganti komponen pendukung lain di pastikan normal semua. Misal tidak ada korosi di kabel sambungan yang ke soket, elco 10 uf 250V tegangan 180V itu normal. Tegangang B+115V normal dan soket dalam kondisi baik atau sudah di ganti tapi gambarnya masih blur atau tidak fokus dapat dipastikan flyback rusak.

  • Tabungnya Gambar Rusak

Setelah melalui semua penggantian komponen juga tidak ada hasilnya, sekarang saatnya memfonis penyebab TV gambar buram adalah tabung gambar yang sudah rusak.

Perlu di ketahui sebelum memfonis tabung gambar rusak, pastikan dahulu semua yang ada hubungan dengan sistem kerja tabung CRT.

Misalnya di TV Merek Polytron lawas yang kerap mengalami gambar blur dan layar berpelangi tidak fokus tetapi fokus adjusternya tetap berfungsi. Sebenarnya bukan tabung yang bermasalah tetapi sistem kerja vertikal yang terganggu dan bemasalah maka kita harus memeriksa terlebih dahulu sebelum memastikan CRT rusak.

Jika tegangan fokus tidak bisa masuk dan memancar di luar tabung misal flyback bocor ini dapat di katakan CRT memang benar benar rusak.

Itu saja tenang Cara Menangani Layar TV CRT Blur, sekian dan terimakasih.

Check Also

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar TV Bergaris Horizontal

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar TV Bergaris Horizontal

Biasanya, penyebab layar tv bergaris secara horizontal dikarenakan pada bagian vertikal televisi tersebut telah mengalami …