Memperbaiki Layar Tv Melebar Kiri Dan Kanan

Memperbaiki Layar Tv Melebar Kiri Dan Kanan

Memperbaiki Layar Tv Melebar Kiri Dan Kanan – TV yang mengalami kelainan tampilan gejalanya layar melebar ke kiri dan kanan secara vertikal karena blok horizontal mengalami kerusakan. Kerusakan ini karena faktor prubahan ukuran komponen dan voltase yang meningkat. Terutama pada horizontal output.

Lalu Apa Saja Penyebab Pasti Tv Dengan Layar Melebar?

Berikut akan saya sebutkan satu persatu yang perlu di periksa supaya kerusakan cepat selesai dengan aman dan damai.

Periksa Tegangan B+115v

Pertama yang harus di lakukan adalah memeriksa tegangan B+. Lihat berapa tegangan normal standar 115V untuk TV belum flat slim -120V untuk flat, untuk TV 14 110V. Tegangan B+ berefek ke ukuran tampilan terutama TV China. Karena TV tersebut mempunyai ciri, bila B+ 115V di adjust layar bagian samping akan berubah lebar atau menciut. Dan tidak tertutup kemungkinan juga B+ 115V pada TV jenis lain juga berpengaruh pada tampilan layar samping.

Periksa Capasitor Pada Blok Horizontal.

Capasitor ini sangat berefek pada kelebaran layar bagian samping. Karena sinilah ukuran layar mendapat penyaring ukuran lebar layar. Semakin kecil nilai capasitor akan mengecil tapi jika nilai capasitornya bertambah akan mengalami pelebaran terutama bagian samping kiri dan kanan layar.

Tapi hal ini perlu berhati hati jika tidak mempunyai ESR meter, karena kesalahan dalam percobaan penggantian kapasitor harusnya memakai IC ganti dengan yang asli. Dan yang harus diperhatikan terutama capasitor yang teletak pada kaki collektor transistor horizontal. Jika salah dalam penggantian akan berakibat fatal.

Defleksi Yoke Berubah Nilai

Hal ini jarang terjadi tapi tidak tertutup kemungkinan bila impedansi defleksi bisa berkurang karena ada salah satu sudut Lilitan yang terbakar. Sehingga impedansi mengalami masalah pada tampilan.

Jika masalahnya yoke, tidak bisadapat teratasi ini dapat diatasi dengan menambahkan lilitan. Tapi jika terbakar parah yoke perlu diganti.

Hal seperti layar terlalu lebar dapat terjadi ketika mengganti mesin TV dengan mesin yang baru. Terkadang ini juga tidak bisa diatasi dengan mensetting pada favtory mode. Untuk itu perlu mensetting manual dengan cara merubah nilai capasitornya.

Beberapa Pengalaman Meperbaiki Layar Tv Yang Melebar

Tv Polytron Slim Lama

Polytron slim keluaran lawas masih memakai transistor EW yang memakai transistor D313. Transistor ini berfungsi untuk pengatur penguatan bagian samping layar. Jika ada kerusakan pada transistor EW, maka mungkin gambar melebar, menyempit, atau melengkung. Karena itu yang pertama saat mengalami bagian layar pada TV Polytron slim, pertama ganti transistor D313. Bila tidak ada dapat memakai TIP 41C.

Yang harus dihindari ketika menemukan kerusakan pada layat melebar yakni TV Polytron slim atau TV slim lainnya yaitu sebisa mungkin jangan menuju factory mode dulu. Karena bila hanya itu yang di tempuh, kemungkinan transistor bekerja terlalu panas. Sehingga membuat transistor horizontal jebol.

Lalu jika sudah penggantian transistor D313 belum membuahkan hasil, baru ke capasitor resonant dan pengatur lebar.

Terdapat bermacam ukuran tapi yang pasti ukur dulu memakai ESR meter. Jika tidak punya alat ukur ganti capasitor yang sesuai dengan aslinya. Tapi kalau tidak ada dapat diganti dengan IC yang mendekati nilai asli dengan catatan toleransinya tidak lebih dari 10 persen baik itu lebih atau kurang.

Tv China Layarnya Membesar

Ini sering saya alami ketika mengganti mesin baru. Ini dipengaruhi karena tidak cocokan antara chasis baru dan defleksi yoke. Untuk mengatasi ini bisanya saya menambahkan lilitan yang dirakit di horisontal output atau sebelum yoke.

Lilitan yang di pakai memakai inti farrit kecil dengan coil yang sesuai dengan coil yoke. Untuk jumlah lilitan tergantung seberapa besar nilai impedansi tambahan dari yoke. Pastinya ini memakai ilmu experimen. Ini bertujuan untuk menambah impedansi yoke sehingga mengurangi tampilan layar melebar.

Untuk melebarkan atas dan bawah, untuk TV China sebenarnya cukup nggunakan factory mode. Tapi jika horisontal cukup rentan untuk ini. Karena bila blok horizontal jebol dapat membahayakan komponen lain.

Tv Lg

Pertama gambar pada layar melebar, kemudian saya hanya memakai servis mode. Hasilnya TV malah rusak parah karena capasitor resonan nilainya mengecil. Membuat kerja horizontal dipaksakan. Ini adalah pengalaman yang sangat membahayakan, karena setelah horizontal mengalami short mengakibatkan TV mati total sampai ke IC jungle. Akhirnya harus mengganti mesin dengan yang baru. Rugi transistor C6090.

Memperbaiki TV dengan kerusakan layar melebar ke kiri dan kanan bisa di hindari dengan periksa semua blok horizontal, terutama capasitornya. Dan yang tidak kalah penting bagian yoke pada bagian dalam, didalamnya ada coil yang terbakar dan menyebabkan impedansi yoke menjadi berkurang.

Demikian tentang Memperbaiki Layar Tv Melebar Kiri Dan Kanan, sekian dan terimakasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.