Speaker Aktif Polytron Mati Total Dan Serak Sebelah 

Speaker Aktif Polytron Mati Total Dan Serak Sebelah 

Speaker Aktif Polytron Mati Total Dan Serak Sebelah – Kali ini saya mendapat speaker aktif Polytron dengan keadaan mati total. Setelah di periksa terlihat ada komponen yang pecah yakni IC FET 7N65C. Kemudian dari kata pemilik speaker aktif ini mengalami serak sebelah.

Speaker Aktif Polytron Mati Total Dan Serak Sebelah

Indikasi kerusakan seperti ini ada dua kemungkinan: pertama karena komponen FET yang tidak berkualitas, kedua karena kerusakan transistor final di blok ampli speaker aktif.

Permasalahan pertama karena FET tidak berkualitas atau KW menybabkan komponen mudah rusak saat speaker aktif di pakai over power sepanjang waktu. Karena overheat kerusakan tidak bisa di hindari.

Kedua karena bagian sekunder atau output regulator mengalami short sehingga FET akan panas karena menahan arus pendek di bagian output. Ini sangat permasalahan yang khas di alami Polytron ketika transistor final mengalami short FET akan ikut jebol.

Perkiraan ini sepertinya sedikit benar tappi ini hanya perkiraan saja speaker yang saya tangani mengalami kerusakan dengan indikasi FET pecah dan transistor final mengalami short.

Penanganan Speaker Aktif Polytron Mati Total Dan Serak Sebelah

Pertama yang saya pikirkan saat tahu FET pecah yakni kerusakan komponen sekitarnya terutama pada kaki gate, FET 7N65C. Dalam rangkaian regulator speaker aktif polytron kaki gate terhubung dengan resistor 330 ohm. Dan benar resistor 330 ohm putus.

Selain resistor juga memeriksa bagian transistor pendukung kerja tegangan gate yakni A1015 dan C1815. Meski A1015 terukur normal saya memutuskan menggantinya dengan transistor baru. Dan saya dapati C1815 juga mengalami short.

Penyebab pecahnya FET karena transistor C1815 mengalami kerusakan hingga tegangan FET naik yang menyebabkan kerusakan FET 7N65C.

Karena tidak punya stok C1815 saya memutuskan mengganti dengan C945. Kebetulan letak kakinya sama persis dan jenis transistornya sama NPN.

Setelah memastikan transistor dan dioda yang berada pada area regulator normal saya memutuskan untuk mencoba langsung memasang FET 7N65C baru.

Speaker Polytron ahirnya menyala normal dan fet lumayan panas ketika baru dinyalakan sebentar. Saya baru ingat ada kerusakan suara serak di speaker R. Mungkin penyebabnya karena transistor final kerusakan.

Dan benar bagian transistor 41C mengalami short wajar jika FET panas baru sebentar di nyalakan.

Karena tidak punya stok transistor jenis TIP 41C saya memutuskan mengganti transistor Toshiba dengan harapan lebih tahan lama. Saya tidak hanya mengganti TIP 41 saja tapi juga mengganti TIP 42C juga karena untuk keseimbangan kinerja dari output amplifier.

Setelah mengganti transistor final bagian amplifier R, FET tidak terlalu panas dan speaker R jernish kembali.

Daftar komponen yang saya ganti pada bagian SMPS

  • R 512 : 330 0HM
  • T505 : C1815
  • T504  : A1015
  • T303 : 7N65C

PERIKSA KOMPONEN INI JUGA

  • T506
  • D514
  • D515

Blok amplifier

  • TIP 41
  • TIP 42

Kadang kerusakan speaker aktif Polytron dan suara serak sebelah karena mengalami short pada sambungan kabel soket yang asli memakai RCA JEK.

Kata Penutup

Demikian tentang Speaker Aktif Polytron Mati Total Dan Serak Sebelah, sekian dan terimaksih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.