Teknik Analisa Kerusakan Tegangan TV China Drop

Teknik Analisa Kerusakan Tegangan TV China Drop

Teknik Analisa Kerusakan Tegangan TV China Drop – Tegangan drop di TV China sering terjadi bila kerusakan pada TV yaitu mati total atau standby saja. Ini sering saya temukan di TV China sejenis TV WCOM atau mesin TV China yang dipakai pada TV rakitan dipasaran memakai tabung monitor komputer sebagai CRT nya.

Tegangan drop pada TV China biasanya karena 2 blok yakni dari blok primer dan blok sekunder. Sehingga jika menemukan kerusakan TV China tegangan drop kita perlu mencari diantara 2 blok antara primer atau sekunder. Blok primer ada pada power supply dan blok sekunder ada pada outputnya.

Teknik Analisa Kerusakan Tegangan TV China Drop

Untuk mengatasi hal ini sangat mudah untuk dilakukan apakah kerusakan terjadi pada blok primer atau sekunder. Yaitu:

Hidupkan TV melalui remot

Jika tegangan masih ada pada tegangan B+70V kemungkinan TV mengalami standby. Sehingga perlu upaya untuk hidupkan TV melalui remot dulu sebelum memeriksa ke bagian lain.

Tegangan B+115V

Lalu pastikan tegangan B+115V apakah naik atau diam saja. Jika ketika di hidupkan menggunakan remot tegangan mau naik kemungkinan ada kerusakan di area sekunder. Mungkin ada elco yang kering pada tegangan 115V sehingga flyback tidak mau start. Atau terjadi kerusakan di blok horizontal dan vertikal.

Blok horizontal dan vertikal

Ternyata di kerusakan TV China standby blok horizontal dan vertikal sangat berhubungan. Karena keduanya berpengaruh dengan tegangan. Misalanya bila terjadi kerusakan di IC vertikal yang short maka resistor 1 ohm pada tegangan 27V akan terputus. Sehingga mempengaruhi kerja driver horizontal dan terjadilah TV tidak mau start. Begitu juga sebaliknya bila terjadi short di bagian regulator maka tegangan B+ biasanya tidak ada.

Tegangan mengalami drop

Jika tegangan secara drastis mengalami drop yang parah kemungkinan tegangan yang lain akan mengalami drop. Misal tegangan hanya tersisa 30V saja, maka kemungkinan tegangan lain juga akan drop. Kesimpulanya permasalahan ada di area primer blok power supply. Tapi belum tentu, karena tegangan B+ juga dipengaruhi blok sekunder melewati potocopler.

MBC anjlok

Kongkritnya bila terjadi short salah satu komponen sekunder akan ada gejala MBC anjlok saat TV dihidupkan. Ini beberapa kali saya alami. Tapi tidak menutup kemungkinan bila hanya terjadi drop, secara tidak langsung sebuah komponen mengalami short. Misal IC vertikal dan B+ yang mana outputnya mempunyai resistor pembatasbila jika terjadi short. Akan mengalami dropnya tegangan dengan perlahan sampai mempengaruhi tegangan yang lain. Atau ditandai dengan resistor pembatas terbakar. Karena selain befungsi sebagai pembatas juga sebagai fuse.

IC audio mengalami short

Jika short terjadi pada IC audio mungkin tegangan akan mengalami drop secara drastis bahkan dapat menyebabkan MBC jeglek. Ketika menemukan kerusakan tegangan yang drop IC audio menjadi pokok perhatian karena IC audio bekerja sangat panas terlebih pendingin atau heatsingnya sangat kecil.

Komponen yang sering rusak di blog power supply yang menyebabkan tegangan TV China drop yaitu:

Elco 400V, resisstor yang terhubung dengan colektro transistor regulator, tegangan di basis tansistor regulator tidak terdapat tegangan. Karena kemungkinan tidak ada supply dari area potocopler. Periksa di jalur basis pastikan tegangan tidak kurang dari 5V.

Dan di area sekunder yakni: elco pada output, misal di B+ elco 47 uf 160V, elco pada supply vertikal 1000 uf 35V, pada IC audio 470V. Tapi jika ada kerusakan pada elco bisanya drop dan hanya akan berkurang 50 persen saja. Kecuali elco short kemungkinan tegangan malah tidak ada.

Mungkin akan lebih mudah memperbaiki regulator TV China karena sistemnya sederhana dan komponennya sedikit di banding dengan power supply TV yang lainya.

Itu saja tentang Teknik Analisa Kerusakan Tegangan TV China Drop, sekian dan terimakasih.

Check Also

Inilah Penyebab TV Tidak Muncul Gambarnya Tetapi Ada Suaranya

Inilah Penyebab TV Tidak Muncul Gambarnya Tetapi Ada Suaranya

Kalian harus tahu penyebab TV tidak muncul gambar tetapi ada suaranya. Jika layar TV kalian …