Memperbaiki Layar TV Samsung Slim hanya Setengah

Memperbaiki Layar TV Samsung Slim hanya Setengah

Memperbaiki Layar TV Samsung Slim hanya Setengah – Kali ini saya mendapatkan servisan TV Samsung slim dengan ukuran 21 inc yang mengalami kerusakan gambar separoh. Saat di nyalakan TV hanya muncul setengah bagian atas saja. Sedangkan setengah lagi bagian bawah hanya blank hitam.

Jika di lihat gejala layar setengah bagian atas peyebab utamanya karena kerusakan di bagian blok vertikal seperti kasus pada umumnya. Misal kita langsung mengganti elco saja TV sudah normal, tapi TV Samsung ini tidak seperti itu. Penyebab TV layar hanya setengah saja itu tidak pasti. Kita perlu memeriksa lebih lanjut tentang tegangan dan komponen pendukung.

Memperbaiki Layar TV Samsung Slim hanya Setengah

Cara Memeprbaiki TV Samsung Slim Layar Hanya Terlihat Setengah Bagian Atas

Saya langsung menuju pada sebuah elco 100 uf 50V yang biasanya berfungsi untuk elco pump up pada TV seperti umumnya. Tapi anehnya TV ini masih sama saja tidak ada perubahan saat mengganti elco yang baru, meski saya tidak mengukur elco dalam keadaan normal atau tidak tapi saya terbiasa menebak itu merupakan sebuah kerusakan di elco pump up yang ternyata tidak ada kerusakan di elco tersebut.

Berikutnya saya menekankan di tegangan sumber vertikal. Dimana IC vertikal 78141 ini memakai sistem dual power supply yang berasal dari flyback. Tegangan normalnya 16V+ dan 16 -. Saya mendapati salah satu tegangan mengalami drop. Yakni bagian negatif 16V terukur 0 volt.

Sistem yang di pakai pada TV Samsung ini sama dengan TV Polytron slim. Pada jalur dual power dari flyback vertikal memakai resistor fuse sebesar 1 ohm 1W. Resistor ini berfungsi sebagai proteksi saat terjadi kerusakan pada bagian vertikal. Misal ada masalah pada IC vertikal yang mengalami short, tegangan akan berhenti pada resistor tersebut dan membakar resistor sampai kerusakan tidak merembet ke bagian lain.

Karena terindikasi resistor ini menunjukan adanya kerusakan yang serius. Kita harus memeriksa pada jalur negatif, apakah jalurnya mengalami short atau IC yang mengalami short.

Untuk memastikan itu saya melepas kaki IC vertikal. Kemudian mengukur memakai ohm meter x10. Probe hitam pada bagain ground dan probe merah pada jalur negatif.

Bila jarum bergerak penuh ke arah kanan itu menandakan adanya komponen yang mengalami short pada jalur yang menuju ke IC vertikal.

Kecurigaan muncul ke sebuah dioda zener D2303 yang terhubung langsung ke ground. Mungkin penyebabnya karena dioda zener tersebut. Saat dioda tersebut di lepas dan di ukur memakai ohm meter dioda tersebut terbukti mengalami short.

Karena tidak maksud membaca berapa ukuran dioda zener, saya memutuskan mencoba tanpa memakai dioda zener. Mungkin saya mengarah pada TV Polytron yang tidak memakai dioda zener.

Ganti reisistor 1 ohm dan membuang dioda zener, hasilnya tegangan kembali normal lagi terukur 16V tanpa ada kendala apapun. Layar langsung normal tampil penuh tanpa ada kekurang sedikitpun.

Runing test pada beberapa waktu tidak ada masalah, IC vertikal juga panasnya normal. TV Samsung slim dapat dipastikan sudah normal dan siap untuk diserahkan ke pemiliknya. Penyeabab kerusakan layar setengah pada TV Samsung yaitu dioda zener D 2303.

Pada kasus lain, penyebabnya kerusakan pada TV Samsung dengan layar setengah yang menampilkan raster kadang penyebabnya karena IC vertikal. Seperti kasus pada TV Polytron slim juga sama bahwa saat terjadi dropnya tegangan juga bisa karena dioda 1A. Penyearah yang juga berasal dari flyback, entah dioda pada bagian plus atau minus. Pada kasus yang berbeda, saat layar yang tampil menyempit, itu biasanya karena kerusakan di elco pump up. Itu hasil dari analisis saya.

Kata Penutup

Itu saja dari solderpanas tentang Memperbaiki TV Samsung Slim Layar hanya Setengah , sekian dan terimaksih.

Check Also

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar TV Bergaris Horizontal

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar TV Bergaris Horizontal

Biasanya, penyebab layar tv bergaris secara horizontal dikarenakan pada bagian vertikal televisi tersebut telah mengalami …