Masalah Ragulator TV Short

Masalah Ragulator TV Short

Masalah Ragulator TV Short – Keluhan dari user yaitu saat TV di hidupkan, MCB di rumah langsung anjlok. Meski sudah memakai inverator dan tidak biasanya seperti ini ” seperti itu kata si pemilik TV. Lalu saya berkata ke si pemilik TV tersebut. Pak ini bermasalah di power supply TV mengalami short atau konslet.

Lalu saya langsung buka casing TV dengan sangat hati hati. Ternyata ketika saya membuka mesin ternyata mesin TV jenis Wecom. Padahal TV bermerek Polytron. Kata pemilik TV memang sudah pernah di ganti mesinnya. Pantas dalamnya terlihat mesin TV wecom.

Cara mengatasi AC Matic atau ragulator bermasalah

Berikut langkah yang saya lakukan saat menangani power supply alias AC Matic atau ragulator bermasalah, saya bagikan kepada rekan.

Kabel AC 220

Kemungkinan kabel AC 220 di makan tikus, sehingga mengalami arus pendek di bagian yang terkelupas. Masalah ini memang sepele tapi perlu menjadi perhatian sebelum melihat kerusakan lebih jauh.

Periksa STR atau transistor demper

Setelah kabel steker di rasa baik meski kita tahu yang menyebabkan sperti itu dapat di prediksi pada blok AC Matik. Untuk itu kita perlu menlepas demper AC Matic yang berupa STR atau transistor. Periksa apa masih bagus atau mengalami short. Short pada demper banyak terjadi di TV dengan chasis yang pernah di ganti dengan Wecom atau sejenisnya. Mesin TV China memang sangat rentan terkena short demper karena sistem kerjanya yang sangat panas.

Posistor pada system degaussing tabung mengalami short

Jika sudah di periksa transistor demper masih normal kemungkinan posistor pada system degaussing tabung mengalami short. Ini juga sering terjadi pada Mesin TV China wecom. Posistor bekerja seperti rilay, jadi saat Posistor tidak bekerja dengan baik akan terjadi short pada DC 400V. Kerusakan akan terlihat pada komponen biasanya seperti terbakar. Kerusakan posistor akan terjadi bila karena listrik di rumah rekan sering jeglek ketika TV di hidupkan, lebih tepatnya listrik yang rekan pakai tidak stabil.

Capsitor yang terhubung dengan colektor demper menalami short.

Ini berdampak dengan demper short juga. Bisa di yakinkan ini sering terjadi pada Capsitor yang berwarna biru yang menghubungkan colektor dan lilitan trafo. Sehingga jika capasitor biru mengalami short colektor akan menjadi mudah panas dan beberapa detik kemudian akan meledak.

Transistor driver juga menjadi penyebab masalah ini.

Pada ketika transistor tidak dapat bekerja otomatis TV akan mati total. Tapi jika transistor ini mengalami short bisa jadi transistor demper terkena efek, dan terjadillah short.

Trafo switching mengalami short

Trafo switching mengalami short akan mengakibatkan demper jebol dan komponen yang lain ikut mengalami short. Jika ini memang terjadi, perlu membeli KIT multi regulator. Karena jika memang Kerusakan sefatal itu maka akan memakan waktu yang banyak. Dan tentu kita rugi waktu bila menservis AC Matic dengan Kerusakan yang fatal. Jadi saya menganjurkan kepada rekan supaya mengganti dengan multi ragulator (KIT AC Matick).

Dioda yang langsung terhubung dengan AC 220V.

Dioda ini berukuran 4148D sistem bridge sebagai pensearah tegangan AC menjadi DC. Ini paling sederhana tapi bisa jadi ini penyebabnya.

Capasitor starter yang terhubung dengan 2 arus AC

Capasitor starter yang terhubung dengan 2 arus AC sebelum menuju pada dioda. Jika di Mesin TV China Wecom Capasitor ini berwarna kuning. Dan terletak dekat dengan soket penghubung 220V AC.

Transistor horizontal yang mengalami short menghantam AC Matic.

Ini meski menjadi perhatian yang lebih jika tidak mau kehilangan demper baru. Sebelum di nyalakan rekan harus periksa transistor horizntal dahulu.

Kotoran juga dapat menjadikan sirkuit mengalami short.

Jadi sebelum rekan mulai menservis lebih baik bersihkan dahulu dulu kotoran yang ada.

Kerusakan pada AC Matic mungkin masih banyak, lebih dari yang saya sebutkan di atas. Apakah masih ada lagi jika masih ada silahkan di postkan pada komentar dan nanti kita bahas bersama.

Itulah sedikit pengalaman saya tentang kerusakan yang terjadi di AC Matic.

Demikian tentang Masalah Ragulator TV Short, sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.