Memperbaiki TV china Layar Menciut Saat Panas

Memperbaiki TV china Layar Menciut Saat Panas

Memperbaiki TV china Layar Menciut Saat Panas – Ini adalah sebuah kerusakan yang cukup mempusingkan, karena ini terjadi di waktu tertentu saja. Atau ketika TV sudah panas layar TV akan menjadi gelap dan terdapat satu garis horisontal. Saat TV di matikan beberapa waktu lalu di nyalakan lagi TV normal kembali. Dan saat TV sudah panas kembali seperti itu lagi. Kerusakan ini sering kali terjadi pada TV China dan sejenisnya.

Memperbaiki TV china Layar Menciut Saat Panas

Dulu ketika mendapati kerusakan seperti ini tidak akan selesai dalam satu hari. Karena setiap kali menganti komponen kita harus mengetest lagi. Karena itulah yang membuat waktu pengerjaan menjai lumayan lama. Dari pengalaman itu saya menulis apa saja yang perlu saya lakukan sampai masalah ini selesai.

Penanganan

Awalnya saya mengira ini hanya masalah solderan yang sudah kendor saja. Tapi saat di solder ulang ternyata masih rusak.

Penggantian komponen Pertama saya mengganti semua elco yang ada di area blok vertikal. Hasilnya masih tetap sama saat TV panas gambar menjadi ciut.

Kedua saya mengganti IC vetikal, hasilnya masih tetap sama. TV gelap dan hanya terlihat satu garis horizontal.

Ketiga, saya mengganti beberapa resistor yang ada di blok vertikal output, ya hasilnya tetap masih sama.

Yang keempat. Ahirnya saya bertanya ke beberapa rekan yang memang sudah berpengalaman mengatasi TV seperti ini. Kata teman saya dia juga pernah mengalami hal yang sama. Masalah tersebut karena dioda 1A dalam kondisi setengah mati.

Dioda tersebut terletak di blok vertikal yang tehubung dengan kaki IC vertikal. Meski terlihat normal ketika diukur memakai ohm meter, ternyata benar dioda tersebut mengalami setengah mati. Sehingga saat sudah bekerja beberapa waktu dioda tersebut rusak.

Setelah mengganti dioda layar TV tidak menciut lagi saat panas.

Mohon maaf karena tidak sempat memfoto dioda yang dimaksud karena waktu yang terbatas ketika saya melakukan servis panggilan dirumah pelanggan. Tapi yang jelas dioda tersebut terletak jelas di blok IC vertikal, karena di dalam blok tersebut hanya ada satu dioda saja.

Kata Penutup

Demikian tentang Memperbaiki TV china Layar Menciut Saat Panas, sekian dan terimakasih.

Check Also

Cara Merawat TV LED agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat TV LED agar Tidak Cepat Rusak

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, semakin banyak bermunculan produk-produk elektronik baru yang tentunya sudah semakin …

Leave a Reply

Your email address will not be published.