Bagi masyarakat Lamalera, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur, laut adalah ibu. Kehidupan masyarakat Lamalera tidak bisa lepas dari laut. Hasil laut yang diperoleh, digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan juga untuk dijual. Masyarakat Lamalera telah mencerminkan upaya pembangunan di bidang

Bagi masyarakat Lamalera, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur, laut adalah ibu. Kehidupan masyarakat Lamalera tidak bisa lepas dari laut. Hasil laut yang diperoleh, digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan juga untuk dijual. Masyarakat Lamalera telah mencerminkan upaya pembangunan di bidang ….

Jawaban :

Kehidupan masyarakat Lamalera yang menjual hasil laut untuk kebutuhan sehari-hari mencerminkan upaya pembangunan di bidang ekonomi berdasarkan komunitas dan kearifan lokal.

Penjelasan :

Masyarakat Lamalera merupakan komunitas lokal nelayan yang menjunjung tinggi kearifan lokal seperti berlayar dan menangkap ikan demi memenuhi kebutuhan hidup.

Hal tersebut sejalan dengan cerminan pembangunan di bidang ekonomi, karena dengan menjual hasil lautnya, masyarakat Lamalera dapat bertahan hidup dan turut berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.