Jelaskan organ – organ sistem peredaran darah pada manusia!

Jelaskan organ – organ sistem peredaran darah pada manusia!

Jawaban:

1. Organ jantung.

Organ jantung merupakan salah satu organ dalam sistem peredaran darah yang terletak dalam rongga dada, tepatnya di antara paru-paru. Jantung memiliki posisi yang miring sehingga bagian ujungnya yang runcing (apex) menunjuk ke arah bawah ke pelvis kiri dan ujungnya menghadap ke atas bahu kanan. Jantung memiliki dua lapisan, yaitu lapisan dalam (perikardium viseral) dan lapisan luar (perikardium parietal). Pada lapisan jantung terdapat cairan pelumas yang berfungsi untuk mengurangi gesekan ketika jantung memompa darah.

2. Pembuluh darah.

Pembuluh darah adalah jalur untuk darah yang mengalir ke seluruh tubuh dari jantung ke jaringan tubuh, begitu juga dengan sebaliknya. Pembuluh darah terdiri dari tiga macam yaitu pembuluh arteri, pembuluh vena dan pembuluh kapiler.

3. Darah

Darah berperan penting bagi manusia karena berfungsi mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh dan membawa karbon dioksida dari seluruh tubuh ke paru-paru. Darah dalam tubuh manusia mengalir melalui organ-organ peredaran darah manusia ke seluruh tubuh.

Tinggalkan komentar