Cara Memperbaiki TV Tidak Ada Suara

Cara Memperbaiki TV Tidak Ada Suara Dengan Mudah

Cara Memperbaiki TV Tidak Ada Suara Setiap rumah saat ini pasti memiliki TV sebagai media hiburan yang murah. Namun terkadang terjadi kerusakan TV tidak mengeluarkan suara, dan ini terjadi di hampir semua jenis televisi.

Memperbaiki TV tidak ada suara atau tidak mengeluarkan suara sebenarnya cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun. Namun pada kasus – kasus tertentu akan membutuhkan lebih pengetahuan dan keahlian dalam bidang elektronik agar bisa memperbaikinya.

Terkadang penyebab dari TV tidak mengeluarkan suara sangat sederhana, seperti  kabel yang terlepas atau hanya sebatas pada pengaturan remote televisi.

Tetapi tidak menutup kemungkinan penyebab dari TV tidak ada suara dikarenakan ada kerusakan pada komponen televisi, seperti speaker yang sudah rusak, atau bahkan IC audio yang mengalami kerusakan dan perlu diganti.

Jika kerusakan berasal dari komponen Televisi yang rusak, maka sebaiknya perbaikan dilakukan oleh seorang yang mengerti tentang komponen elektronika atau bisa dilakukan dengan membawa TV ke tempat service.

Masih banyak faktor yang dapat menyebabkan Tv tidak mengeluarkan suara, dan untuk memperbaikainya haruslah dilakukan oleh orang yang sudah profesional agar televisi tidak menjadi semakin rusak.

Berikut ini mimin akan membahas Cara memperbaiki TV tidak mengeluarkan suara yang dapat kalian coba sendiri dirumah.

Penyebab Suara TV Hilang

Sebelum kita masuk kedalam pembahasan cara memperbaiki TV tidak ada suara, kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebab – penyebab yang berpotensi menyebabkan suara TV hilang. Simak baik – baik pembahasan mimin dibawah ini!

1. Fitur Mute Aktif

Pertama kita harus analisa dari hal yang paling mudah dan ringan terlebih dahulu. Biasanya kita tidak memperhatikan pada remote tv terdapat menu yang berfungsi untuk menonaktifkan suara yaitu tombol mute.

Untuk itu pastikan televisi tidak sedang dalam keadaan mute, karena biasanya tombol ini tidak sengaja tertekan sehingga menyebabkan TV tidak mengeluarkan suara.

2. Pastikan Input TV

Jika kalian biasa menggunakan speaker aktif atau reciever untuk output suara pada TV, periksa kembali kabel RCA dan pastikan kabel terpasang dengan benar pada TV.

Baca Juga :  Cara memperbaiki Tv Led Samsung Mati

Kemudian cobalah untuk mengencangkan jack RCA pada televisi yang berwarna merah dan putih, apabila ada respon suara berarti adaa kemungkinan kerusakan berasal dari sumber input seperti reciever.

Jika masih terdengar suara dengung atau kemerek dari speaker, besar kemungkinan kerusakan berasal dari kabel dan cobalah ganti dengan kabel yang baru. Kerusakan juga sering terjadi apabila kabel RCA yang sudah lama sehingga berkarat dan menyebabkan gangguan.

3. Speaker TV Rusak

Pada sebagian permasalahan di TV LED serta tabung kerapkali ditemui kerusakan pada speaker TV, baik itu kabelnya konektornya yang putus ataupun kabel lilitan didalam speaker itu.

Sesungguhnya kerusakan pada speaker TV sedikit terjadi, tetapi bukan tidak mungkin bila speaker sesungguhnya telah rusak serta jadi pemicu mendasar TV tidak keluar suara.

4. Blok Audio Bermasalah

Pada blok ini ada sebagian komponen, antara lain IC audio serta bagian kecil disekitarnya. Dapat jadi IC audio rusak, retak ataupun kaki- kaki ICnya tidak lagi merekat dengan sempurna.

Tidak hanya itu, tidak sedikit ditemui permasalahan jalur audio yang putus sehabis dilakukan pengukuran memakai multitester.

Cara Memperbaiki TV Tidak Ada Suara

Sehabis memahami 3 pemicu diatas, saat ini waktunya buat menyervis kerusakan itu dengan mengikuti tahap selanjutnya:

1. Yakinkan Mode Mute Tidak Aktif

Terdapat banyak tombol yang dapat ditemui pada remote TV, terdapat salah satu tombol yang berperan buat menghilangkan suara, ialah tombol” Mute”. Bila tombol ini tidak sengaja terjepit terpencet, secara otomatis suara TV bakal hilang.

Tidak hanya itu, indikasi bila tombol ini aktif merupakan bakal tampak simbol speaker silang  dipojok bawah layar TV. Buat menonaktifkannya lumayan gampang, Kamu cuma butuh memencet tombol mute ataupun volume+ pada remote TV.

2. Hidupkan Ulang TV

Saat sebelum bertindak jauh, dianjurkan buat mencabut kabel colokan TV beberapa menit, setelah itu hidupkan kembali. Panduan sepele ini sering- kali sukses pada sebagian jenis TV, khususnya pada TV LED ataupun yang telah dilengkapi dengan sistem reboot.

Baca Juga :  Kode Remote Joker Terlengkap Untuk Semua Merk TV

Bila masih belum sukses, Kamu butuh berusaha buat mematikan TV beberapa jam dengan tujuan supaya mesin serta seluruh komponennya tidak begitu panas karna telah dipakai dalam durasi yang lumayan lama.

3. Lihat Kondisi Speaker

Speaker pada TV bertugas dengan cara mengganti gelombang elektronik jadi fibrasi yang kesimpulannya bisa menciptakan suara pada TV itu sendiri. Sesungguhnya speaker jarang sekali rusak, terlebih pada TV yang memakai 2 speaker.

Tetapi Kamu tidak bisa melawati ini disaat melaksanakan pengecekan. Dianjurkan buat mengukur tiap speaker dengan multitester buat mengetahui apakah keadaannya sedang baik ataupun malah speaker itu telah putus( rusak).

4. Cek Tegangan Jalur Audio

TV tidak terdapat suara pula dapat diakibatkan sebab jalur tegangan IC audio putus. Jalur ini butuh ditilik sebab berperan buat menyediakan tegangan ke audio.

Pada biasanya tegangan IC audio yang sedang dalam kondisi normal berkisar antara 12- 15 volt arus DC, jadi bila kurang dari itu bisa jadi besar kerusakan terdapat pada IC Audio. Cara ini dapat dicoba pada TV tabung serta LED.

5. Solder kembali Kaki IC Audio

Kerap terjadi permasalahan kaki IC audio yang retak serta timahnya tidak menempel lagi, khususnya pada TV tabung keluaran lama. Ciri kalau terdapat kaki audio yang longgar ialah suara TV kadang ada serta lenyap tiap kali TV digoyangkan.

Perihal ini dapat terjadi sebab kaki IC audio itu korosi imbas PCB yang lembab serta telah lama tidak dibersihkan. Kamu dapat mencoba buat mensterilkan kaki- kaki IC audio terlebih dulu memakai sikat serta sedikit larutan tiner.

Sehabis itu, kemudian buat menyolder kembali tiap tiap kaki IC audio yang nampak retak. Tetapi saat sebelum itu yakinkan mata solder telah dibersihkan terlebih dulu.

Cobalah buat menghidupkan televisi, apakah suara telah normal ataupun masih belum ada? Bila memanglah suara TV belum keluar, Kamu pula wajib mengecek kondisi IC kontrol dengan cara menyusunkan serta memegang bagian input IC kontrol buat mengenali posisi kaki input dari IC audio.

Baca Juga :  Kode remote TV LG,Tabung,LCD,dan LED Terlengkap

Triknya dengan mengurutkan mulai dari soket input. Bila terdapat reaksi ke IC audio berarti IC kontrol itu sedang dalam kondisi normal.

Kamu pula dapat mengecek keadaan kaki IC kontrol serta selekasnya melakukan penyolderan kembali pada bagian kaki IC kontrol bila nampak terdapat kaki IC yang retak serta kurang timah. Semacam pada IC audio, janganlah lupa buat membersihkannya terlebih dulu dengan sikat serta tiner.

6. Reset Pengaturan Suara( TV LED)

Pada sebagian merek TV LED telah dilengkapi dengan menu yang membolehkan Kamu buat mereset pengaturan suara jadi versi pabrik.

Menu ini terdapat pada alternatif” Suara” serta Kamu dapat membukanya memakai remote. Sehabis reset berakhir, hingga pengaturan suara semacam equalizer, penyeimbang suara, auto volume, audio delay serta sound feedback butuh dicocokkan balik.

7. Power Audio Sedang Normal Tetapi Tidak Ada Suara Dari Input

Ada 2 mungkin. Pertama IC control mati serta yang kedua bagian pendukung ada yang mati.

Cara menanganinya, cek lihat dengan saksama kondisi solderan dengan cara perinci apabila butuh patri balik pada kaki mulai dari IC control hingga dengan IC audio.

Lihat elco pembatas input di kaki audio. Cara menyelidiki apakah IC control sedang bagus ataupun rusak hingga diurutkan,

Pertama sentuh pada bagian input IC control, buat mengetahui kaki input bagian audio cari Informasi Site IC audio tv terlebih dulu ataupun lebih simpelnya urutkan dari soket input tv.

Bila telah bertemu coba sentuh bila terdapat reaksi dari gesekan ke audio berarti IC control wajar. Tetapi bila tidak terdapat berarti mati.

Sesungguhnya untuk yang memakai antena parabola tidak butuh mengubah IC control yang bermasalah. Lumayan di jumper dari soket Input audio ke kaki IC power amplifier.

Buat pengaturan daya muat dapat di jalani dari receiver. Untuk yang sedang memakai antena hingga bila IC control nya yang mati hingga wajib di ubah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *