Indonesia terletak di sebelah utara Benua Australia. Kondisi tersebut mempengaruhi letak geografis Benua Australia, yaitu

Indonesia terletak di sebelah utara Benua Australia. Kondisi tersebut mempengaruhi letak geografis Benua Australia, yaitu..
A. Bagian selatan Australian berbatasan dengan Samudera Hindia
B. Bagian utara Australian berbatasan dengan Laut Tinor dan Laut Arafura
C. Australia terletak di antara Samudera Pasifik dan Laut Tasman
D. Australia bagian utara di lewati garis 10°LS

Jawaban :

B. Bagian utara Australian berbatasan dengan Laut Tinor dan Laut Arafura

Pembahasan :

Australia adalah Benua terkecil di dunia. Australia sering disebut sebagai negara benua, karena hanya satu negara di dunia yang wilayahnya meliputi seluruh wilayah benua. benua ini letaknya di sebelah selatan Kepulauan Indonesia. Berdasarkan letak geografisnya, kepulauan Indonesia di antara Benua Asia dan Benua Australia, serta di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Dengan demikian, wilayah Indonesia berada pada posisi silang, yang mempunyai arti penting dalam kaitannya dengan iklim dan perekonomian. Secara astronomi terletak antara 60 LU – 11 0 LS dan 95 0BT – 1410 BT. Wilayah Indonesia terletak pada posisi yang strategis dan menguntungkan karena beberapa alasan, yaitu:
1. Letak Indonesia di antara Benua Asia dan Benua Australia.
2. Letak Indonesia di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Berdasarkan batas negara, posisi Indonesia berbatasan dengan berbagai negara, laut, dan samudra. Antara lain sebagai berikut:
1. Sebelah utara berbatasan dengan Malaysia, Singapura, Filipina, Selat Malaka, Selat Singapura, Laut Cina Selatan, Laut Sulawesi, dan Samudra Pasifik di sebelah utara.
2. Sebelah selatan berbatasan dengan negara Australia, Timor Leste, Samudra Hindia, Laut Timor, dan Laut Arafuru.
3. Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia.
4. Sebelah timur berbatasan dengan Papua Nugini dan Samudra Pasifik

Tinggalkan komentar